STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PUJANGGA WEDDING ORGANIZER DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS DI MASA PANDEMI COVID-19

M. FAILASUF RAMADHAN (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PUJANGGA WEDDING ORGANIZER DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (838kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Adanya perubahan budaya, gaya hidup, dan kemapanan finansial menyebabkan pola pikir masyarakat memilih untuk menyelenggarakan prosesi pernikahan yang praktis dengan menggunakan jasa wedding organizer (WO) dan kini menjadi tren dimasyarakat. Namun, munculnya pandemi Covid-19 menyebabkan sejumlah industri dan mata pencaharian tersendat salah satunya bisnis WO. Pujangga WO merupakan salah satu WO yang berhasil bertahan karena memiliki strategi komunikasi pemasaran yang efektif untuk kalangan menengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi dan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada pembahasannya menunjukkan bahwa Pujangga WO menerapkan strategi komunikasi pemasaran yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pujangga WO menyusun perencanaan dengan menentukan target konsumen, saluran komunikasi, tujuan komunikasi pemasaran, jumlah anggaran promosi, dan strategi pembuatan pesan. Pada pelaksanaannya, Pujangga WO menggunakan bauran promosi utama melalui Instagram. Sedangkan media promosi pendukung yaitu (1) Personal selling (2) Sales promotion (3) Direct marketing (4) Mobile (5) Word-of-mouth (6) Event dan Pengalaman. Setelah melakukan perencanaan dan pelaksanaan, Pujangga WO juga rutin mengadakan evaluasi bersama yang dilakukan setiap bulan untuk mengetahui berhasil atau tidaknya kegiatan promosi yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Marketing Communication Strategy, poetWedding Organizer, Maintaining Business, Covid-19 Pandemic
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:38
Last Modified: 25 Sep 2023 07:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42099

Actions (login required)

View Item
View Item