THE USING OF FACILITATION CONDUCTED BY FINANCIAL SERVICES AUTHORITY IN RESOLUTION OF CONSUMER FINANCE DISPUTES IN THE SPECIAL REGION OF YOGYAKARTA

TRI AJI WAHYU PRASETYO (2023) THE USING OF FACILITATION CONDUCTED BY FINANCIAL SERVICES AUTHORITY IN RESOLUTION OF CONSUMER FINANCE DISPUTES IN THE SPECIAL REGION OF YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)

Abstract

Model fasilitasi ini telah diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 31/POJK.07/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme fasilitasi penyelesaian sengketa pembiayaan konsumen di sektor jasa keuangan oleh Otoritas Jasa Keuangan Daerah Istimewa Yogyakarta dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan fasilitasi penyelesaian sengketa di sektor jasa keuangan oleh Otoritas Jasa Keuangan Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan penelitian hukum normatif empiris dengan menggunakan analisis kualitatif. Data dikumpulkan dari bahan hukum primer dan sekunder. Mekanisme fasilitasi yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan untuk menyelesaikan sengketa pembiayaan konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta terdiri dari beberapa tahapan yaitu mekanisme Internal Dispute Resolution (IDR) dan External Dispute Resolution (EDR). Kendala yang dialami oleh Otoritas Jasa Keuangan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menerapkan model fasilitasi penyelesaian sengketa pembiayaan konsumen adalah kurangnya ketelitian konsumen dalam melakukan perjanjian dengan Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK). Dapat disimpulkan bahwa penyelesaian sengketa yang diselesaikan dengan model fasilitasi harus disosialisasikan lebih luas kepada masyarakat agar Otoritas Jasa Keuangan dapat memfasilitasi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Facilitation, Financial Services Authority, OJK, Mechanism, Consumer Finance
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:02
Last Modified: 04 Oct 2023 03:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42104

Actions (login required)

View Item
View Item