TRI AJI WAHYU PRASETYO (2023) THE USING OF FACILITATION CONDUCTED BY FINANCIAL SERVICES AUTHORITY IN RESOLUTION OF CONSUMER FINANCE DISPUTES IN THE SPECIAL REGION OF YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (478kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (341kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15kB)
Bab I.pdf
Download (104kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (144kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (579kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (922kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (637kB)
Abstract
Model fasilitasi ini telah diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 31/POJK.07/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme fasilitasi penyelesaian sengketa pembiayaan konsumen di sektor jasa keuangan oleh Otoritas Jasa Keuangan Daerah Istimewa Yogyakarta dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan fasilitasi penyelesaian sengketa di sektor jasa keuangan oleh Otoritas Jasa Keuangan Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan penelitian hukum normatif empiris dengan menggunakan analisis kualitatif. Data dikumpulkan dari bahan hukum primer dan sekunder. Mekanisme fasilitasi yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan untuk menyelesaikan sengketa pembiayaan konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta terdiri dari beberapa tahapan yaitu mekanisme Internal Dispute Resolution (IDR) dan External Dispute Resolution (EDR). Kendala yang dialami oleh Otoritas Jasa Keuangan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menerapkan model fasilitasi penyelesaian sengketa pembiayaan konsumen adalah kurangnya ketelitian konsumen dalam melakukan perjanjian dengan Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK). Dapat disimpulkan bahwa penyelesaian sengketa yang diselesaikan dengan model fasilitasi harus disosialisasikan lebih luas kepada masyarakat agar Otoritas Jasa Keuangan dapat memfasilitasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Facilitation, Financial Services Authority, OJK, Mechanism, Consumer Finance |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 03:02 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 03:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42104 |