RIAN MAULANA YUSUP (2023) PENGARUH PROBLEM FOCUSED COPING TERHADAP KECEMASAN DAN STRES MAHASISWA KEPERAWATAN SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (699kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (651kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar Belakang: Perubahan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran online bukan hanya berpengaruh pada perubahan metode pembelajaran yang dilakukan namun juga sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mental yaitu kecemasan dan stres.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem focused coping terhadap kecemasan dan stres mahasiswa keperawatan dalam pembelajaran online.Metode: Penelitian ini menggunakan metode quasy experiment dengan desain pretest-posttest with control group. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi S1 Keperawatan tingkat 3 di Universitas YPIB Majalengka. Sampel penelitian sebanyak 62 mahasiswa yang terdiri dari 31 orang eksperimen dan 31 orang kontrol dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kecemasan dan stress dari DASS-21. Analisis datanya meliputi analisis univariat dan bivariat dengan uji paired t-test.Hasil: Pada kelompok eksperimen terdapat penurunan kecemasan kategori berat sekali menurun dari 12,90% menjadi 3,23%, berat menurun dari 32,26% menjadi 25,81 persen dan sedang menurun dari 35,48% menjadi 12,90%, terdapat penurunan stress mahasiswa dengan kategori berat sekali dari 3,23% menjadi 0%, stress berat dari 19,35% menjadi 9,68%, dan kategori sedang dari 61,29% menjadi 6,25%, terdapat pengaruh Problem focused coping terhadap kecemasan mahasiswa, 0,001, Terdapat pengaruh Problem focused coping terhadap stress mahasiswa, ? = 0,000.Kesimpulan: Penggunaan problem focused coping memiliki pengaruh yang positif dalam mengurangi kecemasan dan stres mahasiswa dan dapat menjadi sumber dukungan yang lebih efektif untuk meningkatkan kesehatan mental dan performa akademik mahasiswa dalam konteks pembelajaran online.
Dosen Pembimbing: | Lisa Musharyanti, Dr., S.Kep., Ners., M.Med.Ed. | NIDN0525118001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Uncontrolled Keywords: | Online Learning, Problem focused coping, Anxiety, Stress |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 02:30 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 02:30 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |