RIAN MAULANA YUSUP (2023) PENGARUH PROBLEM FOCUSED COPING TERHADAP KECEMASAN DAN STRES MAHASISWA KEPERAWATAN SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (479kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Bab I.pdf
Download (326kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (579kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (699kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (651kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (424kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (620kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Latar Belakang: Perubahan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran online bukan hanya berpengaruh pada perubahan metode pembelajaran yang dilakukan namun juga sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mental yaitu kecemasan dan stres.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem focused coping terhadap kecemasan dan stres mahasiswa keperawatan dalam pembelajaran online.Metode: Penelitian ini menggunakan metode quasy experiment dengan desain pretest-posttest with control group. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi S1 Keperawatan tingkat 3 di Universitas YPIB Majalengka. Sampel penelitian sebanyak 62 mahasiswa yang terdiri dari 31 orang eksperimen dan 31 orang kontrol dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kecemasan dan stress dari DASS-21. Analisis datanya meliputi analisis univariat dan bivariat dengan uji paired t-test.Hasil: Pada kelompok eksperimen terdapat penurunan kecemasan kategori berat sekali menurun dari 12,90% menjadi 3,23%, berat menurun dari 32,26% menjadi 25,81 persen dan sedang menurun dari 35,48% menjadi 12,90%, terdapat penurunan stress mahasiswa dengan kategori berat sekali dari 3,23% menjadi 0%, stress berat dari 19,35% menjadi 9,68%, dan kategori sedang dari 61,29% menjadi 6,25%, terdapat pengaruh Problem focused coping terhadap kecemasan mahasiswa, 0,001, Terdapat pengaruh Problem focused coping terhadap stress mahasiswa, ? = 0,000.Kesimpulan: Penggunaan problem focused coping memiliki pengaruh yang positif dalam mengurangi kecemasan dan stres mahasiswa dan dapat menjadi sumber dukungan yang lebih efektif untuk meningkatkan kesehatan mental dan performa akademik mahasiswa dalam konteks pembelajaran online.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Online Learning, Problem focused coping, Anxiety, Stress |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 02:30 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 02:30 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42141 |