SALSABILLA DENIESA (2023) LEGAL PROTECTION FOR TIKTOK SHOP BUYER: COMPARATIVE STUDY BETWEEN INDONESIA AND CHINA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (566kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (304kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (167kB)
Bab I.pdf
Download (133kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (195kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (47kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (135kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (347kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Di dunia sekarang ini, konsep pembelian melalui internet telah tersebar luas. Segala pembelian yang dilakukan konsumen dilindungi oleh serangkaian kebijakan berupa aturan yang diberlakukan di setiap negara; Oleh karena itu, evolusi perlindungan konsumen juga tidak dapat dipisahkan dari pengaruh global. Ungkapan �perlindungan konsumen� mengacu pada konsep luas yang mencakup berbagai aspek operasi komersial. Perlindungan terhadap masyarakat dan hak-hak yang menjadi haknya membuat hukum memiliki relevansinya. Terlepas dari signifikansinya, pelanggan sering kali menjadi korban aktivitas komersial yang tidak etis. Artikel ini menjelaskan tentang menjamurnya E-commerce dan perlindungan hukum terhadap konsumen e-commerce yang melakukan transaksi jual beli, khususnya di platform TikTok Shop. Penelitian hukum normatif ini mengandalkan data sekunder dan menggunakan pendekatan undang-undang dan komparatif. Temuan ini menunjukkan bahwa Tiongkok telah menetapkan undang-undang baru untuk menjaga dan memaksimalkan lingkungan belanja yang sehat di platform e-commerce. Di sisi lain, Indonesia belum memiliki peraturan khusus untuk e-commerce. Oleh karena itu, perlindungan hukum terhadap pembeli Tik-Tok Shop bertumpu pada undang-undang yang ada yaitu Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Consumer Protection, Consumer Rights, E-commerce, TikTok Shop Buyers |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 07:42 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 07:42 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42176 |