THE CORRELATION BETWEEN SPEAKING-SELF CONFIDENCE AND SPEAKING PERFORMANCE OF EFL LEARNERS AT A PRIVATE ISLAMIC UNIVERSITY IN YOGYAKARTA

IKSORA WINDI PRASTIKA (2023) THE CORRELATION BETWEEN SPEAKING-SELF CONFIDENCE AND SPEAKING PERFORMANCE OF EFL LEARNERS AT A PRIVATE ISLAMIC UNIVERSITY IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam mempelajari bahasa Inggris, siswa harus menguasai keterampilan berbicara. Untuk dapat berbicara bahasa Inggris dengan baik, mereka perlu memiliki rasa percaya diri dalam berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tingkat kepercayaan diri berbicara siswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELED), tingkat kinerja berbicara siswa ELED, dan untuk menentukan korelasi antara kepercayaan diri berbicara dan kinerja berbicara siswa ELED di Private Universitas Islam Yogyakarta. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Respondennya adalah 96 mahasiswa ELED angkatan 2022 di salah satu perguruan tinggi swasta Islam di Yogyakarta. Kuesioner yang terdiri dari 25 item dibagikan untuk mengumpulkan data kepercayaan diri berbicara dan analisis dokumen digunakan untuk mendapatkan skor berbicara siswa dalam matakuliah Mendengarkan dan Berbicara untuk Percakapan Harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kepercayaan diri berbicara siswa adalah 73,01 yang berada pada kategori tinggi. Selain itu, rata-rata kinerja berbicara siswa adalah 73,97 yang berada pada kategori baik. Hasil penelitian juga menunjukkan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,03 berada di bawah 0,05. Artinya korelasinya signifikan. Hipotesis alternatif (H1) penelitian ini diterima, dengan nilai koefisien (r-value) sebesar 0,21 yang berarti �rendah�. Oleh karena itu, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri berbicara dan kinerja berbicara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Speaking self-confidence, speaking performance, correlation design
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:28
Last Modified: 11 Oct 2023 04:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42188

Actions (login required)

View Item
View Item