IKSORA WINDI PRASTIKA (2023) THE CORRELATION BETWEEN SPEAKING-SELF CONFIDENCE AND SPEAKING PERFORMANCE OF EFL LEARNERS AT A PRIVATE ISLAMIC UNIVERSITY IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (439kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (350kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Bab I.pdf
Download (97kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (104kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (272kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (73kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (129kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (222kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Dalam mempelajari bahasa Inggris, siswa harus menguasai keterampilan berbicara. Untuk dapat berbicara bahasa Inggris dengan baik, mereka perlu memiliki rasa percaya diri dalam berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tingkat kepercayaan diri berbicara siswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELED), tingkat kinerja berbicara siswa ELED, dan untuk menentukan korelasi antara kepercayaan diri berbicara dan kinerja berbicara siswa ELED di Private Universitas Islam Yogyakarta. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Respondennya adalah 96 mahasiswa ELED angkatan 2022 di salah satu perguruan tinggi swasta Islam di Yogyakarta. Kuesioner yang terdiri dari 25 item dibagikan untuk mengumpulkan data kepercayaan diri berbicara dan analisis dokumen digunakan untuk mendapatkan skor berbicara siswa dalam matakuliah Mendengarkan dan Berbicara untuk Percakapan Harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kepercayaan diri berbicara siswa adalah 73,01 yang berada pada kategori tinggi. Selain itu, rata-rata kinerja berbicara siswa adalah 73,97 yang berada pada kategori baik. Hasil penelitian juga menunjukkan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,03 berada di bawah 0,05. Artinya korelasinya signifikan. Hipotesis alternatif (H1) penelitian ini diterima, dengan nilai koefisien (r-value) sebesar 0,21 yang berarti �rendah�. Oleh karena itu, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri berbicara dan kinerja berbicara.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Speaking self-confidence, speaking performance, correlation design |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 04:28 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 04:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42188 |