AN EXPLORATION BALINESE CULTURE OF PERSONAL BRANDING BYEDWIN GUSTIANA

BEKTI SETYO NURKHOLIS (2023) AN EXPLORATION BALINESE CULTURE OF PERSONAL BRANDING BYEDWIN GUSTIANA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di era globalisasi dan era digital, TikTok banyak digunakan oleh para pengguna media sosial. Di media sosial TikTok, masyarakat banyak menuntut konten-konten yang membahas tentang Bali. Alhasil, banyak pembuat konten yang membuat konten tentang Bali dengan ciri khasnya masing-masing. Oleh karena itu, para pembuat konten harus memiliki strategi yang berbeda dari yang lain untuk mengembangkan brandingnya. Penelitian ini membahas tentang strategi personal branding akun TikTok @edwin.gst sebagai konten kreator. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan deskriptif, berdasarkan hasil wawancara dengan narasumber langsung. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada tahap perumusan strategi, Edwin ingin mengembangkan Brandingnya seputar konten Budaya Bali dan nilai toleransi yang ia tunjukkan dalam kontennya. Edwin membangun branding tentang dirinya yang berasal dari Bali dengan hashtag #edwinbali di captionnya. Konten Edwin mendapat respon positif setiap harinya. Berhasil mempengaruhi masyarakat luar Bali untuk memahami budaya dan adat istiadat Bali, khususnya dalam menyebarkan nilai-nilai dan budaya Bali yang diterima dengan baik dan diterapkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menunjukkan bahwa Edwin mampu mewakili kearifan lokal masyarakat Bali melalui personal branding yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Balinese Culture, TikTok
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 18 Oct 2023 04:06
Last Modified: 18 Oct 2023 04:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42248

Actions (login required)

View Item
View Item