THE USE OF YOUTUBE IN TEACHING ENGLISH AT JUNIOR HIGH SCHOOL

SABIELA PUTRI SYAHRANI (2023) THE USE OF YOUTUBE IN TEACHING ENGLISH AT JUNIOR HIGH SCHOOL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)

Abstract

YouTube adalah platform berbagi video yang paling banyak dikunjungi. Di YouTube, ada banyak jenis video yang dapat digunakan guru untuk memberikan materi kepada siswa. Selain itu, YouTube juga memiliki banyak manfaat bagi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini menyelidiki kegiatan apa saja yang digunakan guru dalam mengajar bahasa Inggris menggunakan YouTube berdasarkan persepsi guru dan manfaat penggunaan YouTube bagi siswa dalam belajar bahasa Inggris berdasarkan persepsi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan satu orang guru bahasa Inggris dan enam orang siswa kelas delapan sekolah menengah pertama di salah satu sekolah menengah pertama swasta di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam mengajar bahasa Inggris menggunakan YouTube pada pra-kegiatan termasuk memutar musik dan membagikan tautan YouTube. Pada kegiatan inti, guru menggunakan subtitle untuk membaca dan mendengarkan konten video. Pada kegiatan akhir, guru menyediakan sesi tanya jawab dan memberikan kuis dalam bentuk Google. Temuan ini juga mengungkapkan manfaat yang dialami siswa dalam belajar bahasa Inggris menggunakan YouTube. Para siswa merasa bahwa manfaat yang mereka rasakan adalah bahwa belajar bahasa Inggris menggunakan YouTube dapat meningkatkan kemampuan berbahasa, kosakata, pengetahuan dalam berbagai aspek bahasa, aturan tata bahasa, dan struktur, serta membuat proses belajar menjadi lebih mudah bagi para siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: activities, benefits, english teaching and learning, junior high school, perception, youtube for efl students
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 17 Oct 2023 06:18
Last Modified: 17 Oct 2023 06:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42263

Actions (login required)

View Item
View Item