LUTVI DEVA DARMALASARI (2023) PERCEPTIONS OF EFL STUDENTS ON THE USE OF TIKTOK AS LEARNING MEDIA IN LEARNING ENGLISH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (329kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (106kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11kB)
Bab I.pdf
Download (79kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (86kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (138kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (702kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman penelitian dalam pembelajaran bahasa Inggris, TikTok dapat digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. TikTok dapat membantu siswa belajar bahasa Inggris dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa EFL terhadap penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran bahasa Inggris di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Ada dua pertanyaan penelitian dalam penelitian ini, (1) Apa kelebihan TikTok dalam pembelajaran bahasa Inggris siswa, dan (2) Kegiatan apa yang dilakukan siswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris melalui TikTok. Metodologi penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai enam mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2020 di perguruan tinggi swasta Yogyakarta sebagai partisipan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat keuntungan menggunakan TikTok sebagai media pembelajaran bahasa Inggris: (1) TikTok dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, (2) TikTok dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa, (3) TikTok dapat meningkatkan keterampilan menulis keterampilan, dan (4) TikTok dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Lebih lanjut, penelitian ini menemukan empat aktivitas menggunakan TikTok yang dapat mengembangkan keterampilan bahasa Inggris siswa: (1) membuat video pendek untuk meningkatkan keterampilan berbicara, (2) menulis komentar atau deskripsi bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan menulis, (3) mengikuti akun bahasa Inggris untuk mendapatkan keuntungan. pengetahuan baru tentang berbagai aksen bahasa Inggris, (4) menonton video berbahasa Inggris menggunakan konten selancar di TikTok untuk memperkaya kosa kata. Singkatnya, TikTok memiliki banyak keunggulan dibandingkan aktivitas yang dilakukan siswa EFL untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media, TikTok, English Skills |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 03:59 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 03:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42268 |