PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA LAYANAN GAME BERBASIS ONLINE

MERRY KUSUNAWATI (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA LAYANAN GAME BERBASIS ONLINE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (863kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Saat ini kerap kali terjadi kejahatan di dunia bisnis secara online. Tidak terkecuali bagi konsumen layanan game online yang kapan pun bisa mengalami kerugian. Hal ini terus terulang dan seharusnya terdapat perlindungan hukum bagi konsumen guna melindungi pelaku usaha dan konsumen. Permasalahan yang tersebut menunjukkan transaksi yang dilakukan secara elektronik memiliki resiko yang cukup besar. Jenis penelitian yang digunakan penulis merupakan penelitian hukum normatif, Kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis data yang digunakan adalah data primer, dan data sekunder, yang Kemudian data sekunder dibagi menjadi bahan hukum yang bisa dijadikan obyek kepustakaan meliputi bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan hukum tersier. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif kualitatif. Jenis perjanjian yang lahir antara konsumen dengan penyedia layanan game online adalah berupa perjanjian konsensuil dalam suatu transaksi jual beli dengan bentuk transaksi online, jenis perjanjian terjadi karena kesepakatan dengan syarat sepakat mereka yang mengikatkan diri/kesepakatan, cakap dalam membuat perjanjian, dan kausa/sebab yang halal. Perlindungan hukum bagi konsumen yang mengalami kerugian dalam melakukan transaksi elektronik terkait layanan game online dilakukan melalui dua cara yaitu melalui upaya perlindungan preventif dan represif. Konsumen pengguna jasa layanan game online untuk lebih berhati-hati ketika melakukan transaksi elektronik melalui game online pastikan sudah membaca syarat dan ketentuan. Penyedia jasa layanan game online untuk lebih ketat serta memperkuat sistem dalam melakukan filter kepada konsumen yang berusia dibawah umur.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Transactions, Game Online, Legal Protections
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:36
Last Modified: 03 Nov 2023 07:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42282

Actions (login required)

View Item
View Item