SHELINE FEBIANA PUTRI (2023) THE LECTURER USE OF L1 IN EFL CLASSROOM BASED ON STUDENTS' PERCEPTION. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (519kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (356kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (111kB)
Bab I.pdf
Download (138kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (389kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (282kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (244kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (271kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (459kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (510kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penggunaan L1 dalam proses belajar mengajar banyak ditemukan di kelas EFL. Di Indonesia, Bahasa Indonesia juga digunakan di banyak kelas EFL. Sejumlah penelitian menemukan bahwa penggunaan L1 oleh dosen di kelas EFL menawarkan beberapa keuntungan. Namun, ada waktu yang ideal untuk menggunakan L1 saat menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai kelebihan dan waktu ideal ketika dosen menggunakan L1 di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELED) ditemui. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah enam mahasiswa ELED angkatan 2020. Penelitian ini dilakukan di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Pedoman wawancara digunakan untuk metode pengumpulan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan L1 oleh dosen membantu mahasiswa memahami materi, mengurangi kesalahpahaman mahasiswa, meningkatkan hubungan antara mahasiswa dan dosen, serta meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri mahasiswa. Mengenai waktu ideal penggunaan L1 oleh dosen di kelas EFL, terdapat tiga temuan yang menunjukkan waktu ideal penggunaan L1 oleh dosen di kelas EFL, yaitu saat memberikan instruksi, saat menghadapi istilah tertentu, dan saat menghadapi kebingungan siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Advantages of using L1, EFL teaching and learning, students' perception, the ideal time to use L1, the lecturer use of L1 |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 07:00 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 07:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42345 |