SHAFA ZAHRA AFRIANZA (2023) THE CORRELATION BETWEEN SPEAKING ANXIETY AND SPEAKING PERFORMANCE OF RURAL JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (598kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (323kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
Bab I.pdf
Download (305kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (430kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (597kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (584kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (429kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (375kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (339kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (639kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kecemasan merupakan masalah serius dalam proses pembelajaran pada siswa. Khususnya bagi pelajar pedesaan yang mempunyai keterbatasan ruang belajar akibat minimnya fasilitas jaringan internet yang sulit didapat. Hal ini menghambat kemajuan siswa dalam proses pembelajaran dan dapat mempengaruhi kinerja berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kecemasan berbicara siswa, kinerja berbicara siswa, dan korelasi antara kecemasan berbicara siswa dan kinerja berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penyelidikan dilakukan terhadap siswa SMA di pedesaan di Kulon Progo. Sebanyak 106 siswa kelas IX dari sebuah SMP di pedesaan, menjadi partisipan dalam penelitian ini. Instrumen penelitiannya adalah kuesioner FLCAS yang dimodifikasi dari Horwitz (1986) untuk menentukan tingkat kecemasan berbicara siswa dan dokumen skor untuk menentukan tingkat kemampuan berbicara siswa. Skor kecemasan siswa pada kelas speaking termasuk dalam kategori cemas. Sementara itu, skor kemampuan berbicara siswa termasuk dalam kategori rendah. Data dianalisis dengan aplikasi statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada korelasi kedua variabel terdapat korelasi negatif. Artinya semakin rendah kecemasan siswa, semakin tinggi pula kemampuan berbicara siswa. Oleh karena itu hipotesis H1 diterima, sehingga berarti terdapat korelasi antara kecemasan siswa dengan kinerja berbicara.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | correlation design, EFL context, speaking anxiety, speaking performance |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 06:54 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 06:54 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42355 |