THE CORRELATION BETWEEN SPEAKING ANXIETY AND SPEAKING PERFORMANCE OF RURAL JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN KULON PROGO

SHAFA ZAHRA AFRIANZA (2023) THE CORRELATION BETWEEN SPEAKING ANXIETY AND SPEAKING PERFORMANCE OF RURAL JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (598kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kecemasan merupakan masalah serius dalam proses pembelajaran pada siswa. Khususnya bagi pelajar pedesaan yang mempunyai keterbatasan ruang belajar akibat minimnya fasilitas jaringan internet yang sulit didapat. Hal ini menghambat kemajuan siswa dalam proses pembelajaran dan dapat mempengaruhi kinerja berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kecemasan berbicara siswa, kinerja berbicara siswa, dan korelasi antara kecemasan berbicara siswa dan kinerja berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penyelidikan dilakukan terhadap siswa SMA di pedesaan di Kulon Progo. Sebanyak 106 siswa kelas IX dari sebuah SMP di pedesaan, menjadi partisipan dalam penelitian ini. Instrumen penelitiannya adalah kuesioner FLCAS yang dimodifikasi dari Horwitz (1986) untuk menentukan tingkat kecemasan berbicara siswa dan dokumen skor untuk menentukan tingkat kemampuan berbicara siswa. Skor kecemasan siswa pada kelas speaking termasuk dalam kategori cemas. Sementara itu, skor kemampuan berbicara siswa termasuk dalam kategori rendah. Data dianalisis dengan aplikasi statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada korelasi kedua variabel terdapat korelasi negatif. Artinya semakin rendah kecemasan siswa, semakin tinggi pula kemampuan berbicara siswa. Oleh karena itu hipotesis H1 diterima, sehingga berarti terdapat korelasi antara kecemasan siswa dengan kinerja berbicara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: correlation design, EFL context, speaking anxiety, speaking performance
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 17 Nov 2023 06:54
Last Modified: 17 Nov 2023 06:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42355

Actions (login required)

View Item
View Item