SABRUL JAMIL (2023) USING LMS TO SUPPORT STUDENTS' LEARNING IN POST PANDEMIC ERA AT A PRIVATE UNIVERSITY IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (515kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (358kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (324kB)
Bab I.pdf
Download (291kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (483kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (282kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (379kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (328kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (378kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (595kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
AbstrakPenelitian ini berfokus pada tantangan dan strategi yang dihadapi guru dalam menggunakan LMS (MyKlass) untuk mendukung pembelajaran siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif-kualitatif. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Peneliti melakukan penelitian di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta yang melibatkan tiga orang guru bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, peneliti mengungkapkan tiga temuan terkait tantangan dan strategi guru dalam menggunakan LMS untuk mendukung pembelajaran siswa. Para guru menerapkan tiga tantangan. Yang pertama adalah kesulitan mengendalikan aktivitas belajar siswa. Kedua, kesulitan dalam mengoperasikan LMS. Yang terakhir adalah membutuhkan bantuan dalam memberikan interaksi yang bermakna. Selain itu, penelitian ini juga mengungkap strategi yang dihadapi guru dalam menggunakan LMS untuk mendukung aktivitas belajar siswa. Pertama, guru menggunakan LMS sebagai platform untuk melakukan seluruh aktivitas dalam kegiatan pembelajaran. Kedua, guru mempelajari alat-alat teknologi dan mendapatkan paparan teknologi dengan menggunakan LMS. Terakhir, LMS memberikan banyak materi untuk dipahami siswa, seperti forum diskusi menggunakan video YouTube. Terakhir, peneliti menyarankan penerapan strategi tersebut dalam proses belajar mengajar karena tantangan guru berbeda-beda. Diharapkan para guru lebih kreatif dalam menangani tantangan yang dihadapi dalam penggunaan LMS untuk mendukung proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LMS, Strategies, Challenges, Technology |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 03:58 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 03:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42359 |