USING LMS TO SUPPORT STUDENTS' LEARNING IN POST PANDEMIC ERA AT A PRIVATE UNIVERSITY IN YOGYAKARTA

SABRUL JAMIL (2023) USING LMS TO SUPPORT STUDENTS' LEARNING IN POST PANDEMIC ERA AT A PRIVATE UNIVERSITY IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini berfokus pada tantangan dan strategi yang dihadapi guru dalam menggunakan LMS (MyKlass) untuk mendukung pembelajaran siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif-kualitatif. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Peneliti melakukan penelitian di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta yang melibatkan tiga orang guru bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, peneliti mengungkapkan tiga temuan terkait tantangan dan strategi guru dalam menggunakan LMS untuk mendukung pembelajaran siswa. Para guru menerapkan tiga tantangan. Yang pertama adalah kesulitan mengendalikan aktivitas belajar siswa. Kedua, kesulitan dalam mengoperasikan LMS. Yang terakhir adalah membutuhkan bantuan dalam memberikan interaksi yang bermakna. Selain itu, penelitian ini juga mengungkap strategi yang dihadapi guru dalam menggunakan LMS untuk mendukung aktivitas belajar siswa. Pertama, guru menggunakan LMS sebagai platform untuk melakukan seluruh aktivitas dalam kegiatan pembelajaran. Kedua, guru mempelajari alat-alat teknologi dan mendapatkan paparan teknologi dengan menggunakan LMS. Terakhir, LMS memberikan banyak materi untuk dipahami siswa, seperti forum diskusi menggunakan video YouTube. Terakhir, peneliti menyarankan penerapan strategi tersebut dalam proses belajar mengajar karena tantangan guru berbeda-beda. Diharapkan para guru lebih kreatif dalam menangani tantangan yang dihadapi dalam penggunaan LMS untuk mendukung proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LMS, Strategies, Challenges, Technology
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 17 Nov 2023 03:58
Last Modified: 17 Nov 2023 03:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42359

Actions (login required)

View Item
View Item