THE USE OF PICTURE BOOKS TO ENHANCE EFL STUDENTS' READING MOTIVATION

GITA FITRI RACHMADANI (2023) THE USE OF PICTURE BOOKS TO ENHANCE EFL STUDENTS' READING MOTIVATION. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (936kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Membaca adalah keterampilan penting bagi setiap Pembelajar Bahasa Inggris untuk Asing. Keterampilan membaca dapat membantu pembelajar untuk memahami kata-kata terutama dalam bahasa Inggris. Namun tidak semua media membaca cocok untuk pembelajar tertentu. Karena banyak guru EFL dewasa merasa canggung membaca buku yang ditujukan untuk anak-anak, buku bergambar sering kali diabaikan oleh para pendidik ini. Namun buku bergambar mungkin menawarkan peluang yang bermanfaat untuk pembelajaran dan interaksi bahasa jika dipilih dengan mempertimbangkan minat siswa dan digunakan dengan cara yang dapat diterima oleh pelajar dewasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu desain pra-eksperimental. Penelitian ini termasuk kelompok eksperimen. Peneliti menggunakan Buku Bergambar pada kelompok eksperimen. Subyek penelitian ini adalah anggota English-Speaking Club sebuah SMA Negeri di Yogyakarta yang berjumlah 28 siswa. Data yang diperoleh dari pre-test dan post-test dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan statistik inferensial. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan Buku Bergambar efektif untuk meningkatkan motivasi membaca siswa. Skor rata-rata kedua kategori (165.8571 > 153.5357) menunjukkan hal tersebut. Sebagaimana ditentukan oleh uji sampel berpasangan, sig. (2-tailed) adalah 0,000 kurang dari 0,05 sehingga menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Picture books, reading motivation, experimental research, senior high school
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:19
Last Modified: 20 Nov 2023 03:19
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42381

Actions (login required)

View Item
View Item