EFEKTIVITAS KAMPANYE THE UNITED NATIONS ENTITY FOR GENDER EQUALITY AND THE EMPOWERMENT OF WOMEN (UN WOMEN) MEMPERJUANGKAN KESETARAAN GENDER DI AFGHANISTAN TAHUN 2019-2021

SHOFIA IHDA ASYAROH (2023) EFEKTIVITAS KAMPANYE THE UNITED NATIONS ENTITY FOR GENDER EQUALITY AND THE EMPOWERMENT OF WOMEN (UN WOMEN) MEMPERJUANGKAN KESETARAAN GENDER DI AFGHANISTAN TAHUN 2019-2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kampanye The United Nations Entitiy for Gender Equality and The Empowerment of Women (UN Women) memperjuangkan kesetaraan gender di Afghanistan tahun 2019-2021. Tulisan ini dibukan dengan penjelasan mengenai pengertian dari kesetaraan gender, da diskriminasi yang dialami oleh perempuan. Adapun dalam menunjang penelitian ini, menggunakan konsep Transnational Advocacy Network. Kemudian, metode penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif dengan menggunakan studi kepustakaan melalui literatur-literatur yang terkait. Berdasarkan landasan penelitian tersebut menghasilkan jawaban bahwa efektivitas dari kampanye the United Nations entity for gender equality and the empowerment of women (UN Women) memperjuangkan kesetaraan gender di Afghanistan sampai sekarang belum berhasil untuk memperjuangkan kesetaraan gender di Afghanistan. Hal ini dapat dilihat melalui taktik kampanye MyRedLine berdasarkan tipologi taktik dalam teori Transnational Advocacy Network yaitu Information politic dan Symbolic Politics. Pada iformation politics kampanye ini melalui dukungan dari media lokal maupun internasional, melalui platform facebook, twitter, website MyRedline. Pada symbolic politics kampanye ini menggunakan simbol hijab, penggunaan tagar #MyRedLine, pembuatan dokumenter mengenai masyarakat Afghanistan. Setelah beberapa taktik yang dilakukan kampanye MyRedLine, maka pencapaian MyRedLine dapat menghasilkan kesimpulan bahwa kampanye ini belum mampu untuk mempengaruhi kebijakan Afghanistan di bawah pemerintah Taliban dalam menangani kasus diskriminasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gender equality, UN Women, MyRedLine, Transnational Advocacy Network, Information politics, Symbolic politics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:16
Last Modified: 20 Nov 2023 03:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42382

Actions (login required)

View Item
View Item