FITRIA ULINNUHA (2023) THE USE OF HUMOR IN ENGLISH FOREIGN LANGUAGE CLASSROOM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (426kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (163kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
Bab I.pdf
Download (111kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (242kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (95kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (104kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (174kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (316kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (876kB)
Abstract
Pelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) mungkin menjadi hal yang menegangkan, terutama bagi sebagian siswa yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang kurang memadai. Di Indonesia, belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing membutuhkan lingkungan kelas yang santai agar siswa dapat belajar secara efektif. Oleh karena itu, para guru menggunakan humor sebagai salah satu strategi pengajaran selama proses pembelajaran. Namun, penggunaan humor di kelas EFL masih jarang dilakukan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis humor yang digunakan oleh guru di dalam kelas dan bagaimana siswa meresponnya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang berfokus pada desain penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Tiga observasi kelas dan wawancara dengan enam mahasiswa tahun ketiga dilakukan untuk mengumpulkan data. Temuan menunjukkan bahwa ada enam jenis humor yang digunakan di dalam kelas: 1) menggoda, 2) meremehkan diri sendiri, 3) berhubungan dengan pelajaran, 4) sarkasme, 5) komentar lucu, dan 6) gerakan. Selain itu, temuan kedua dari penelitian ini juga menunjukkan tujuh tanggapan dari siswa terhadap humor guru: 1) menghasilkan kegiatan belajar yang menyenangkan, 2) merangsang minat siswa, 3) menghasilkan pembelajaran dengan tingkat kecemasan yang rendah di dalam kelas, 4) membantu siswa untuk memahami materi, 5) memotivasi siswa untuk berpartisipasi di dalam kelas, 6) mengurangi ketegangan dan kejenuhan, dan 7) mempengaruhi keterlibatan siswa di dalam kelas. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar humor diterapkan di kelas EFL karena ada beberapa keuntungan bagi siswa dan guru, serta dampak positif bagi keduanya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | humor, types of humor in the classroom, student's responses on teacher's humor |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 11 Nov 2023 07:52 |
Last Modified: | 11 Nov 2023 07:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42388 |