DIGITAL ACTIVISM FOR SUSTAINABLE TOURISM: MANAGEMENT OF SOCIAL MEDIA INSTAGRAM @TRAVELXISM THROUGH VOLUNTRIP ACTIVITIES

FIRNA ZAHWA FIRDAUSI (2023) DIGITAL ACTIVISM FOR SUSTAINABLE TOURISM: MANAGEMENT OF SOCIAL MEDIA INSTAGRAM @TRAVELXISM THROUGH VOLUNTRIP ACTIVITIES. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dengan cepat mengubah aktivitas komunikasi perusahaan. Platform media sosial seperti Instagram telah menjadi alternatif praktis bagi perusahaan dalam mengampanyekan sebuah gerakan sosial, seperti yang dilakukan oleh akun Instagram @travelxism. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya aktivisme digital untuk pariwisata berkelanjutan yang dilakukan oleh akun Instagram @travelxism melalui konten aktivitas Voluntrip. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik aktivisme digital dalam membangun pariwisata berkelanjutan melalui kegiatan Voluntrip sebagai berikut : 1) Membangun akun media sosial yang berfokus pada perjalanan ramah lingkungan dengan memanfaatkan fitur-fitur Instagram seperti feed, story, highlights, reels, dan mentions, 2) Mengimplementasikan konsep keberlanjutan yang mencakup volunteer, charity, news, dan aksi visual, 3) Mengoptimalkan aksi visual yang berisi konten manajemen berkelanjutan, sosial-ekonomi, budaya, dan lingkungan, 4) Konten Voluntrip diunggah secara rutin 3-4 kali seminggu selama jam-jam utama.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Digital Activism, Instagram, Sustainable Tourism, Travelxism, Voluntrip
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:02
Last Modified: 20 Nov 2023 03:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42398

Actions (login required)

View Item
View Item