NOVAL AULIA RAKHMAN (2023) STUDENTS' PERCEPTIONS OF USING ENGLISH TALK SHOW VIDEOS ON YOUTUBE TO IMPROVE LISTENING SKILL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (306kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (529kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB)
Bab I.pdf
Download (287kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (393kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (283kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (364kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (251kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (500kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (320kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Dari empat keterampilan dasar belajar bahasa Inggris (berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan), mendengarkan adalah keterampilan yang paling sedikit mendapat perhatian siswa. Akibatnya, guru harus mencari teknik alternatif yang lebih menghibur. YouTube adalah salah satu platform video media sosial terbesar di dunia, dan berisi hampir semua informasi dunia. Menurut pendapat mereka, para peneliti menemukan banyak teknik yang mungkin digunakan siswa untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan mereka dengan menggunakan acara obrolan video YouTube sebagai alternatif pembelajaran online. Berdasarkan sudut pandang mereka, penelitian ini juga bermaksud untuk mengidentifikasi manfaat yang diperoleh siswa dalam menggunakan tayangan video chat YouTube sebagai alternatif pembelajaran online. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode wawancara digunakan peneliti untuk memperoleh data. Empat siswa dari sebuah sekolah swasta di Yogyakarta mengikuti penelitian ini. Pesertanya adalah siswa kelas 10 yang memiliki pengalaman belajar melalui YouTube dan harus memaknai pembelajaran dari video talk show YouTube sebagai peningkatan keterampilan mendengarkan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran yang lebih menyenangkan seperti video di YouTube dapat meningkatkan minat belajar siswa. Temuan ini juga menguraikan berbagai strategi untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan seperti mengulang frasa sulit, mencatat kata kunci, dan Meniru Intonasi Pembicara. Pemanfaatan video talkshow youtube dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan mempunyai strategi dan manfaat tersendiri, oleh karena itu guru harus bijak dalam meningkatkan motivasi dan keterampilan siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Talkshow, Listening, YouTube, Strategy, Benefits |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 02:52 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 02:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42402 |