SATMIKA ARGA ABYANTARA (2023) A STUDY ON THE USE OF ENGLISH VISUAL NOVEL VIDEO GAME IN LEARNING ENGLISH AT HIGHER EDUCATION. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (799kB) |
Abstract
Video game telah menjadi populer di kalangan remaja dalam beberapa tahun terakhir. Kita tidak bisa mengabaikan fenomena ini karena mungkin ada manfaatnya. Skripsi ini menyelidiki kegunaan salah satu genre video game, yaitu visual novel, dalam hal kelebihan dan kekurangannya untuk pembelajaran bahasa Inggris di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data dari sampel mahasiswa di sebuah universitas Islam swasta di Yogyakarta, yang mengungkapkan bahwa bermain game visual novel dapat memberikan manfaat dalam pembelajaran bahasa Inggris, yaitu meningkatkan pemahaman membaca, kelancaran mendengar, pengayaan kosakata, dan tata bahasa. Ada enam mahasiswa dari sebuah universitas swasta di Yogyakarta yang menjadi partisipan dalam penelitian ini dan wawancara semi-struktural digunakan sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini juga menemukan bahwa visual novel memiliki beberapa kelemahan, yaitu kalimat yang kompleks atau kata-kata tingkat lanjut dan terjemahan yang buruk. Kesimpulannya, video game visual novel dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan menjadi alat pembelajaran alternatif.
Dosen Pembimbing: | Arifah Mardiningrum, S.Pd., M.A. | NIDN0514048003 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | English, learning, students, video games, visual novel |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 11 Nov 2023 07:43 |
Last Modified: | 11 Nov 2023 07:43 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42408 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |