SATMIKA ARGA ABYANTARA (2023) A STUDY ON THE USE OF ENGLISH VISUAL NOVEL VIDEO GAME IN LEARNING ENGLISH AT HIGHER EDUCATION. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (277kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (76kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (83kB)
Bab I.pdf
Download (85kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (233kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (92kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (86kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (82kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (208kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (106kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (799kB)
Abstract
Video game telah menjadi populer di kalangan remaja dalam beberapa tahun terakhir. Kita tidak bisa mengabaikan fenomena ini karena mungkin ada manfaatnya. Skripsi ini menyelidiki kegunaan salah satu genre video game, yaitu visual novel, dalam hal kelebihan dan kekurangannya untuk pembelajaran bahasa Inggris di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data dari sampel mahasiswa di sebuah universitas Islam swasta di Yogyakarta, yang mengungkapkan bahwa bermain game visual novel dapat memberikan manfaat dalam pembelajaran bahasa Inggris, yaitu meningkatkan pemahaman membaca, kelancaran mendengar, pengayaan kosakata, dan tata bahasa. Ada enam mahasiswa dari sebuah universitas swasta di Yogyakarta yang menjadi partisipan dalam penelitian ini dan wawancara semi-struktural digunakan sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini juga menemukan bahwa visual novel memiliki beberapa kelemahan, yaitu kalimat yang kompleks atau kata-kata tingkat lanjut dan terjemahan yang buruk. Kesimpulannya, video game visual novel dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan menjadi alat pembelajaran alternatif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | English, learning, students, video games, visual novel |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 11 Nov 2023 07:43 |
Last Modified: | 11 Nov 2023 07:43 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42408 |