PEMBUATAN WEBSITE WORD2VEC DARI MATERI KULIAH MENGGUNAKAN METODE WORD MOVER`S DISTANCE DAN COSINE SIMILARITY

BIMA HAYU NUGRAHA (2023) PEMBUATAN WEBSITE WORD2VEC DARI MATERI KULIAH MENGGUNAKAN METODE WORD MOVER`S DISTANCE DAN COSINE SIMILARITY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Ujian merupakan salah satu satu sistem penilaian dalam proses belajar mengajar khususnya di perkuliahan yang dimaksudkan untuk menentukan mutu pembelajaran atas mata pelajaran tertentu yang diajarkan selama setengah semester ataupun satu semester. Salah satu ujian yang dilaksanakan adalah ujian bertipe essai. Ujian bertipe essai merupakan evaluasi yang dipilih oleh dosen di Perguruan Tinggi dimana mahasiswa harus menjawab dengan uraian berdasarkan pemahaman sendiri. Ujian bertipe essai dapat melatih kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan informasi, menngkomunikasikan ide-ide, dan mengukur tingkat pemahaman mahsiswa terkait ilmu pelajaran yang diajarkan. Namun, untuk mengoreksi dan menilai jawaban-jawaban soal essai dari mahasiswa mungkin agak sulit dan membutuhkan waktu yang lama karena hasil jawaban mahasiswa yang berbeda-beda dan dosen harus mencocokkan jawaban mahasiswa dengan kunci jawaban satu per satu. Hal ini mengakibatkan setiap soal memiliki bobot nilainya masing-masing, sehingga harus dijumlahkan secara kumulatif untuk mendapatkan nilai total. Dosen juga terkadang memberikan penilaian yang bersifat subjektif karena dalam mengoreksi jawaban essai mahasiswa dilakukan secara manual. Dari permasalahan tersebut penulis ingin membuat sebuah website konversi materi kuliah menjadi korpus teks dan word2vec dan pemeriksaan kesamaan teks untuk membantu dosen dalam mengoreksi jawaban essai dalam waktu yang singkat. Pada tugas akhir ini untuk mengembangan aplikasi tersebut penulis menggunakan Natural Language Processing (NLP), metode Cosine Similarity dan Word Mover`s Distance (WMD), dan metode pengembangan System Development Life Cycle (SDLC). Teknologi Natural Language Processing (NLP) digunakan untuk komputer dapat memahami bahasa manusia. Metode Cosine Similarity digunakan untuk menghitung kemiripan kosinus teks antara kunci jawaban dengan jawaban mahasiswa. Pada proses mengecek kemiripan teks atau bisa disebut proses Text Preprocessing terdiri dari 5 tahapan yaitu Tokenizing, Case Folding, Filtering, Stop Words Removal, dan Stemming. Penulis juga menggunakan metode Word Mover`s Distance (WMD) untuk mengukur jarak teks antara kunci jawaban dengan jawaban mahasiswa. Tujuan utama dari tugas akhir ini adalah memudahkan dosen dalam mengoreksi dan melakukan penilaian pada jawaban essai mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Natural Language Processing, Cosine Similarity, Word Mover`s Distance, Check Text Similarity, Development Life Cycle (SDLC)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 11 Nov 2023 07:36
Last Modified: 11 Nov 2023 07:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42420

Actions (login required)

View Item
View Item