DIAN SURYO BASKORO (2023) IMPROVING SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS READING COMPREHENSION USING MIND MAPPING: AN ACTION RESEARCH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (231kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (97kB)
Bab I.pdf
Download (142kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (243kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (149kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (876kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (484kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tingkat pemahaman membaca bahasa Inggris siswa masih kurang, termasuk pemahaman membaca siswa meskipun bahasa Inggris merupakan mata pelajaran wajib di sekolah menengah. Oleh karena itu, sangat penting bagi siswa SMA untuk lebih serius meningkatkan pemahaman membaca dengan menggunakan berbagai metode, salah satunya adalah dengan menggunakan mind map. Dalam melakukan penelitian, peneliti melibatkan guru bahasa Inggris, dan siswa kelas sebelas SMA khususnya di kelas XI MIPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana teknik pemetaan pikiran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman membaca dan untuk mengetahui langkah-langkah guru dalam melakukan teknik pemetaan pikiran di kelas sebelas. Penelitian Tindakan Kelas digunakan dalam penelitian ini. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pada kelas XI salah satu sekolah menengah negeri di Yogyakarta pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik mind-mapping dapat diterapkan secara efektif. Lebih lanjut, teknik mind map dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa yang dapat digambarkan dengan menggunakan data numerik. Nilai rata-rata siswa pada pre-test sebesar 65,60, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 77,30, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 82,60 yang menunjukkan nilai terbaik siswa pada saat penelitian. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif. Langkah-langkah proses pemetaan pikiran yang digunakan guru mengungkapkan bahwa 1) guru membuat rencana pembelajaran, 2) guru menguraikan konsep pokok pembelajaran di kelas, 3) guru mendiskusikan gagasan pokok topik, 4) guru menambahkan cabang-cabang untuk setiap tema peta gagasan utama dengan membaca lebih banyak paragraf, 5) guru menggunakan berbagai warna dan gambar, dan 6) terakhir guru memberikan teks bahasa Inggris untuk menggunakan imajinasi mereka sendiri untuk membuat peta pikiran berdasarkan topik. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyarankan agar guru bahasa Inggris menerapkan pemetaan pikiran dalam kegiatan membaca untuk membantu meningkatkan pemahaman membaca siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reading Comprehension, Mind Mapping, Action Research |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 07:47 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 07:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42475 |