STRATEGI COSTUMER RELATIONS PT. TELKOM SUMBAWA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PERIODE AGUSTUS 2021

MOCH. ARRIYAN FIRDAUS (2023) STRATEGI COSTUMER RELATIONS PT. TELKOM SUMBAWA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PERIODE AGUSTUS 2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kehadiran internet telah memberi kontribusi yang besar terhadap perkembangan dunia teknologi dewasa ini, salah satunya PT. Telkom menghadirkan penyedia yakni IndiHome. PT. Telkom Sumbawa telah memberi pelayanan terbaiknya pada pelanggannya, hal ini ditandai adanya peningkatan jumlah instalasi provider baru pada periode Juli 2021 namun pada periode Agustus 2021, terjadi penurunan akibat adanya keluhan pelanggan dan efek dari krisis pandemi covid sehingga harus mengatur strategi bisnis dan operasional perusahaan dengan tujuan agar mampu menjadikan kualitas pelayanan IndiHome menjadi baik dibagi pelanggan PT. Telkom Cabang Sumbawa Besar.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang menggunakan strategi Customer Relations untuk mengumpulkan data dilakukan wawancara mendalam dan dokumentasi di pihak PT. Telkom Cabang Sumbawa Besar. Teknik triangulasi data kemudian digunakan, dan model interaktif Miles dan Huberman digunakan untuk analisis. Purposive sampling adalah pendekatan yang digunakan untuk mengumpulkan sampel yang representatif.Berdasarkan riset yang dilaksanakan diketahui saat ini konsumen PT. Telkom Cabang Sumbawa telah memiliki kedekatan terhadap konsumen karena memiliki fungsi memberikan rasa nyaman terhadap pelanggandengan strategi CUSTOMER RELATIONS yaitu menerapkan service excellent untuk membangun kepercayaan dan kepuasan pelanggan. PT. Telkom Cabang Sumbawa tidak hanya memberikan produk fungctional benefit (manfaat fungsional) tetapi service experience terhadap pelanggan juga harus diperhatikan. Disarankan agar Contact poin PT. Telkom Cabang Sumbawa Besar berfungsi sebagai fasilitas hubungan bisnis dan konsumen. untuk memahami harapan pelanggan secara lebih menyeluruh.Kata kunci: Strategi, Kepuasan, Loyalitas, Customer Relations

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategy, Satisfaction, Loyalty, Customer Relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:47
Last Modified: 17 Nov 2023 07:47
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42479

Actions (login required)

View Item
View Item