THE USE OF ENGLISH SONGS IN FACILITATING SENIOR HIGH SCHOOL'S STUDENTS' SPEAKING SUB-SKILLS

INDAH PERMATASARI (2023) THE USE OF ENGLISH SONGS IN FACILITATING SENIOR HIGH SCHOOL'S STUDENTS' SPEAKING SUB-SKILLS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)

Abstract

Berbicara merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa Inggris karena merupakan kunci komunikasi. Ada beberapa sub-keterampilan berbicara seperti kosa kata, tata bahasa, pengucapan, dan kefasihan yang perlu dipelajari siswa untuk memiliki keterampilan berbicara tingkat lanjut. Berbagai media pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan sub-keterampilan berbicara siswa dan salah satu yang paling menarik adalah lagu bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana lagu bahasa Inggris memfasilitasi sub-keterampilan berbicara siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara sebagai instrumen penelitian. Partisipan penelitian ini berjumlah lima orang yang terdiri dari siswa sekolah menengah atas. Temuan pertama terdiri dari: Lagu bahasa Inggris memfasilitasi siswa untuk memperoleh kosa kata baru dengan mendengarkannya berulang kali, Lagu bahasa Inggris membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan pengucapan mereka dengan mengulangi apa yang dikatakan penyanyi, Lagu bahasa Inggris memfasilitasi siswa untuk meningkatkan keterampilan tata bahasa mereka dengan membaca liriknya, lagu berbahasa Inggris memfasilitasi siswa untuk mengadopsi berbagai aksen dengan mengadaptasi aksen penyanyi, lagu bahasa Inggris memberikan contoh otentik kefasihan berbicara dengan mendengarkan penyanyi asli, lagu bahasa Inggris membantu siswa dalam berlatih bahasa dengan tepat.Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Sub Keterampilan Berbicara, Lagu Bahasa Inggris, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Speaking Skill, Speaking Sub-Skills, English Song, Learning Media
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:40
Last Modified: 17 Nov 2023 07:40
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42485

Actions (login required)

View Item
View Item