MUHAMMAD DAFFA UDDIN ALHAQ (2023) RAYSPORTINDO'S INSTAGRAM STORYTELLING CONTENT PRODUCTION STRATEGY IN INCREASING SALES IN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (670kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (422kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Bab I.pdf
Download (13kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Persaingan dalam dunia bisnis adalah hal yang pasti. Perkembangan teknologi mempengaruhi kegiatan promosi, dengan kemudahan dan fasilitas yang terus bermunculan membuat persaingan antar pelaku bisnis semakin ketat. Setiap perusahaan dituntut untuk selalu kreatif dan adaptif dalam memasarkan produknya. Instagram merupakan salah satu media yang digunakan sebagai media promosi melalui konten visual. Storytelling merupakan jenis konten visual yang menyampaikan pesan melalui cerita. Storytelling membuat hubungan antara perusahaan dan konsumen akan semakin dekat. Raysportindo merupakan toko ritel penyedia perlengkapan olahraga yang menggunakan Instagram @raysportindo untuk berpromosi melalui konten visual storytelling. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi produksi konten storytelling Raysportindo melalui media Instagram. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada tiga orang narasumber dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada tiga narasumber dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini akan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Raysportindo melakukan beberapa tahapan dalam menyusun strategi produksi konten yaitu mengevaluasi konten sebelumnya dengan cara mereview konten-konten yang sudah dibuat melalui fitur Instagram Insight, seperti reach, impresi, dan engagement, kemudian menentukan tujuan, dilanjutkan dengan memilih bauran konten atau media sosial apa saja yang akan digunakan untuk menyebarluaskan konten dan membentuk ide cerita yang dilakukan melalui proses riset dan brainstorming antar tim kreatif. Rangkaian proses pembuatan strategi ini memudahkan Raysportindo dalam memproduksi konten yang bercerita.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Storytelling, Instagram, Content Production Strategy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 11 Nov 2023 03:14 |
Last Modified: | 11 Nov 2023 03:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42519 |