WOMEN'S BODY IMAGE IN MS SLIM BEAUTY TELEVISION ADS

ARINDA NOVITASARI (2023) WOMEN'S BODY IMAGE IN MS SLIM BEAUTY TELEVISION ADS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini akan membahas mengenai naratif citra tubuh perempuan dalam iklan televisi MS Slim Beauty, sehingga tujuan dari penelitian ini untuk melihat bagaimana penggambaran tubuh perempuan dalam iklan. MS Slim sendiri dipilih karena peneliti tertarik mengenai iklan mereka yang tidak hanya menampilkan manfaat dari produk tetapi memiliki makna tersendiri yaitu membentuk tubuh ideal yang sehat dengan MS Slim Beauty. Peneliti akan menggunakan analisis naratif untuk melihat alur cerita meliputi ekuilibrium awal, gangguan dan ekuilibrium akhir dengan data yang diperoleh berupa scene-scene dan teks verbal yang digunakan dalam iklan. Hasilnya menunjukkan bahwa penggambaran tubuh perempuan dibangun melalui pengembangan tiga alur meliputi bagian: Ekuilibrium awal yang menunjukkan suasana stabil atau  sebagai sebuah pembuka dalam iklan. Sedangkan pada bagian gangguan memperlihatkan bagaimana perempuan memiliki ketakutan dan kesulitan dalam membentuk tubuh ideal yang mereka inginkan. Lalu ekuilibrium akhir menunjukkan gambaran tubuh ramping, kencang dan sehat sebagai solusi yang ditawarkan oleh produk. Namun, tubuh yang dimaksudkan bukan hanya sekedar suatu citra dari produk tetapi dijadikan sebagai daya tarik melalui imaji-imaji dan teks verbal yang bersifat persuasif untuk menarik konsumen dan menjadi nilai jual bagi produk tersebut, sehingga perempuan seringkali tergiur dengan hasil yang ditawarkan dan beranggapan bahwa tubuh ideal dalam iklan adalah sebuah definisi yang dianggap benar dan menjadikannya sebagai sebuah tubuh yang harus dimiliki.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Image, Narrative Analysis, Women's Body, Advertisement
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 10 Nov 2023 07:45
Last Modified: 11 Nov 2023 01:19
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42530

Actions (login required)

View Item
View Item