RAFI PRAMANA TYASWARA (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MOANA DALAM MEMPROMOSIKAN SUSTAINABLE TOURISM DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (313kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (330kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15kB)
Bab I.pdf
Download (387kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (397kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (512kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (132kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (618kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Moana dalam Mempromosikan Sustainable Tourism di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi, uji validitas menggunakan triangulasi sumber, dan teknik analisis data yang melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Moana menerapkan strategi komunikasi pemasaran yaitu perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, Moana menentukan segmentasi, targeting dan positioning. Lalu pada tahap implementasi, Moana menggabungkan konsep bauran pemasaran dan bauran promosi. Elemen bauran pemasaran yang digunakan Moana terdiri dari product, price, place, dan promotion. Sedangkan elemen bauran promosi yang digunakan Moana terdiri dari social media, Moana menggunakan Instagram sebagai sosial media utama mereka. Personal selling, dilakukan dengan cara melakukan promosi langsung. Word of mouth marketing dilakukan Moana dengan cara meminta bantuan kepada para staff untuk mempromosikan kepada orang-orang terdekat dan event & experience dilakukan Moana dengan cara membuat acara bersih-bersih pantai, pelepasan tukik (anak penyu), penanaman mangrove dan penanaman kembali pohon di sekitar gunung Merapi dengan bekerja sama dengan organisasi Lindungi Hutan. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Moana dapat dikatakan sukses karena mendapat gelar #1 Tour Aktifis di Yogyakarta yang direkomendasikan oleh Tripadvisor.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing Communication Strategy, Sustainable Tourism, Markweting Mix, Promotion Mix |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 07:02 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 07:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42544 |