STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MOANA DALAM MEMPROMOSIKAN SUSTAINABLE TOURISM DI YOGYAKARTA

RAFI PRAMANA TYASWARA (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MOANA DALAM MEMPROMOSIKAN SUSTAINABLE TOURISM DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Moana dalam Mempromosikan Sustainable Tourism di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi, uji validitas menggunakan triangulasi sumber, dan teknik analisis data yang melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Moana menerapkan strategi komunikasi pemasaran yaitu perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, Moana menentukan segmentasi, targeting dan positioning. Lalu pada tahap implementasi, Moana menggabungkan konsep bauran pemasaran dan bauran promosi. Elemen bauran pemasaran yang digunakan Moana terdiri dari product, price, place, dan promotion. Sedangkan elemen bauran promosi yang digunakan Moana terdiri dari social media, Moana menggunakan Instagram sebagai sosial media utama mereka. Personal selling, dilakukan dengan cara melakukan promosi langsung. Word of mouth marketing dilakukan Moana dengan cara meminta bantuan kepada para staff untuk mempromosikan kepada orang-orang terdekat dan event & experience dilakukan Moana dengan cara membuat acara bersih-bersih pantai, pelepasan tukik (anak penyu), penanaman mangrove dan penanaman kembali pohon di sekitar gunung Merapi dengan bekerja sama dengan organisasi Lindungi Hutan. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Moana dapat dikatakan sukses karena mendapat gelar #1 Tour Aktifis di Yogyakarta yang direkomendasikan oleh Tripadvisor.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Marketing Communication Strategy, Sustainable Tourism, Markweting Mix, Promotion Mix
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 10 Nov 2023 07:02
Last Modified: 10 Nov 2023 07:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42544

Actions (login required)

View Item
View Item