IMPLEMENTASI NILAI ISLAM DALAM PROGRAM SARENG KULA DI KARANG TARUNA UNIT ANJIR DESA HARGOREJO

VINNY ALEANDRA LARASATI (2023) IMPLEMENTASI NILAI ISLAM DALAM PROGRAM SARENG KULA DI KARANG TARUNA UNIT ANJIR DESA HARGOREJO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian berjudul Implementasi Nilai Islam dalam Program SARENG KULA di Karang Taruna Unit Anjir ini dilatarbelakangi oleh: (1) fenomena kenakalan-kenakalan anak di bawah umur (2) menjawab rasa penasaran mengenai penerapan nilai Islam dalam pendidikan non formal, yang diadakan untuk melengkapi kebutuhan individu diluar pelayanan pendidikan formal (3) bertujuan untuk mendeskripsikan jenis nilai Islam dalam program SARENG KULA yang termasuk salah satu satuan Pendidikan Non Formal.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif-deskriptif yang menyajikan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara triangulasi untuk mencapai kredibilitas. Triangulasi data terdiri dari tahap: (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, (3) menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karang Taruna Unit Anjir melaksanakan implementasi nilai Islam berupa: (1) nilai keimanan meliputi Iman Kepada Allah, Rasulullah, Al Qur�an, Malaikat, Qadha dan Qadar serta Hari Akhir, (2) nilai ibadah meliputi kewajiban sholat dan berpuasa, (3) nilai Akhlak meliputi Akhlak terhadap Allah, Rasulullah, Malaikat, Bermasyarakat dan Akhlaq pribadi. Hal tersebut dilaksanakan dengan perencanaan seperti: (1) menerapkan metode pembelajaran yang variatif, (2) tidak hanya berfokus pada materi sekolah. Namun, juga menerapkan materi keagamaan, (3) melakukan pembiasaan-pembiasaan yang memberi keteladanan. Kemudian, menerapkan: (1) metode storytelling, (2) Question and Answer, (3) Discussion sebagai metode pembelajaran dalam implementasinya. Lalu, melaksanakan evaluasi dengan: (1) memberi apresiasi setiap pencapaian kecil peserta didik, (2) melihat dan mengamati perilaku peserta didik, (3) mengamati perubahan yang terjadi pada perkembangan peserta didik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementation of Islamic Values, Non-Formal Education, Karang Taruna, Youth Organization
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 09 Nov 2023 06:01
Last Modified: 09 Nov 2023 06:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42583

Actions (login required)

View Item
View Item