ANNISA YASFA NABILLA (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI GAME SOS UNTUK MEMPERKENALKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (335kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (215kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (171kB)
Bab I.pdf
Download (165kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (312kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (311kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (699kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Game merupakan aplikasi sarana hiburan yang banyak diminati oleh berbagai kalangan, terutama anak-anak. Hal itu membuat game sering dituduh memiliki efek negatif. Namun, faktanya game juga memiliki berbagai manfaat seperti mengajarkan tentang teknologi komputer, mengikuti arahan dan aturan, pemecahan masalah dan logika, serta melatih keterampilan saraf motorik dan spasial. Tidak hanya itu, game sebenarnya dapat dijadikan sebagai salah satu solusi yang tepat untuk membantu kegiatan pembelajaran. Dengan bantuan teknologi, game dapat menciptakan proses belajar menjadi lebih interaktif dengan anak-anak. Kecanggihan teknologi Artificial Intelligence (AI) dapat membantu guru mengembangkan proses belajar untuk memperbaiki kelemahan dalam pembelajaran. Artificial Intelligence (AI) dapat dimanfaatkan untuk menyediakan konten interaktif yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Maka dari itu, dikembangkanlah game SOS yang berbasis Artificial Intelligence (AI) sebagai model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa terhadap penerapan Artificial Intelligence (AI). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan dilakukan di PKBM Reksonegaran, khususnya siswa paket B dan paket C. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah penyebaran kuesioner menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan Learning Object Review Instrument (LORI). Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan rata-rata skor hasil uji SUS sebesar 70 yang dikategorikan
"Good" dan rata-rata skor hasil uji LORI sebesar 49,22 yang dikategorikan "Sangat Layak". Maka dapat disimpulkan bahwa game SOS berbasis AI terbukti dapat meningkatkan pengetahuan siswa terhadap penerapan AI.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Artificial Intelligence, SOS Game, Learning Model, Training Data |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 02:15 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 02:15 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42622 |