MOHAMMAD VICKY ZULFIKAR (2023) ANALISIS HUBUNGAN GEOMETRIK JALAN TERHADAP KECELAKAAN DI RUAS JALAN BANTUL - SRANDAKAN KM. 6 - 8,9, BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (478kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (516kB)
Bab I.pdf
Download (469kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (831kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (461kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (328kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (30MB)
Abstract
Jalan Bantul - Srandakan dengan panjang 8,95 Km adalah jalan provinsi dengan fungsi jalan kolektor primer 3 yang memiliki 4 lajur dan 2 jalur tidak terbagi (4/2 TT). Ruas jalan ini merupakan jalan dengan jumlah kecelakaan yang tinggi sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik kecelakaan yang terjadi pada jalan Bantul - Srandakan Km 6 - 8,9, serta menilai kondisi geometrik jalan dan lingkungan melalui inspeksi keselamatan jalan dan permodelan menggunakan AutoCAD Civil 3D. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jumlah kecelakaan pada tahun 2020 - 2021 yaitu 118 kecelakaan dengan jenis kecekalaan terbanyak adalah jenis kecelakaan depan - samping sebanyak 48 kecelakaan (40,70%), tunggal sebanyak 21 kecelakaan (17,79%), depan - belakang sebanyak 19 kecelakaan (16,10%), samping - samping sebanyak 15 kecelakaan (12,71%), tabrak - manusia sebanyak 9 kecelakaan (7,62%) dan depan - depan sebanyak 6 kecelakaan (5,08%), kemudian korban kecelakaan terbanyak adalah luka ringan sebanyak 132 korban (92,96%) dan meninggal dunia sebanyak 10 korban (7,04%). Hasil survei Inspeksi Keselamatan Jalan masih banyak kekurangan pada jalan yaitu kurangnya rambu pada jalan dan persimpangan yang tidak terlihat sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan, sedangkan hasil permodelan dapat disimpulkan geometrik jalan memenuhi syarat Pedoman Bina Marga 2021.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Horizontal alignment, vertical alignment, geometric, accident |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 07:15 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 07:15 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42649 |