ANALISIS HUBUNGAN GEOMETRIK JALAN TERHADAP KECELAKAAN DI RUAS JALAN BANTUL - SRANDAKAN KM. 6 - 8,9, BANTUL

MOHAMMAD VICKY ZULFIKAR (2023) ANALISIS HUBUNGAN GEOMETRIK JALAN TERHADAP KECELAKAAN DI RUAS JALAN BANTUL - SRANDAKAN KM. 6 - 8,9, BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Jalan Bantul - Srandakan dengan panjang 8,95 Km adalah jalan provinsi dengan fungsi jalan kolektor primer 3 yang memiliki 4 lajur dan 2 jalur tidak terbagi (4/2 TT). Ruas jalan ini merupakan jalan dengan jumlah kecelakaan yang tinggi sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik kecelakaan yang terjadi pada jalan Bantul - Srandakan Km 6 - 8,9, serta menilai kondisi geometrik jalan dan lingkungan melalui inspeksi keselamatan jalan dan permodelan menggunakan AutoCAD Civil 3D. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jumlah  kecelakaan pada tahun 2020 - 2021 yaitu 118 kecelakaan dengan jenis kecekalaan terbanyak adalah jenis kecelakaan depan - samping sebanyak 48 kecelakaan (40,70%), tunggal sebanyak 21 kecelakaan (17,79%), depan - belakang sebanyak 19 kecelakaan (16,10%), samping - samping sebanyak 15 kecelakaan (12,71%), tabrak - manusia sebanyak 9 kecelakaan (7,62%) dan depan - depan sebanyak 6 kecelakaan (5,08%), kemudian korban kecelakaan terbanyak adalah luka ringan sebanyak 132 korban (92,96%) dan meninggal dunia sebanyak 10 korban (7,04%). Hasil survei Inspeksi Keselamatan Jalan masih banyak kekurangan pada jalan yaitu kurangnya rambu pada jalan dan persimpangan yang tidak terlihat sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan, sedangkan hasil permodelan dapat disimpulkan geometrik jalan memenuhi syarat Pedoman Bina Marga 2021.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Horizontal alignment, vertical alignment, geometric, accident
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 09 Nov 2023 07:15
Last Modified: 09 Nov 2023 07:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42649

Actions (login required)

View Item
View Item