PERANCANGAN PERKERASAN JALAN DENGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 (MENGGUNAKAN DATA CBR TANAH DASAR YANG DISTABILISASI DENGAN CAMPURAN SERABUT KELAPA DAN ABU SABUT KELAPA - ABU KAYU)

ANDREI FITRIYANO PUTRA MELENIA (2023) PERANCANGAN PERKERASAN JALAN DENGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 (MENGGUNAKAN DATA CBR TANAH DASAR YANG DISTABILISASI DENGAN CAMPURAN SERABUT KELAPA DAN ABU SABUT KELAPA - ABU KAYU). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Subgrade adalah bagian yang sangat penting dari struktur perkerasan jalan. Fondasi perkerasan membutuhkan kualitas subgrade yang baik untuk menopang beban lalu lintas. Namun, selama pembangunan jalan, tanah subgrade yang buruk sering ditemukan di daerah - daerah tertentu, yang biasanya ditunjukkan oleh nilai California Bearing Ratio (CBR) yang rendah. Penelitian ini mengkaji pengaruh nilai CBR tanah dasar yang distabilisasi dengan campuran serabut kelapa dan abu sabut kelapa - abu kayu terhadap desain ketebalan perkerasan lentur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada MDP 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai CBR hanya mempengaruhi ketebalan lapisan fondasi, dimana semakin tinggi nilai CBR akan menghasilkan ketebalan yang tipis. Berdasarkan hasil analisis, HRS (Hot Rolled Sheet) dan AC (Asphalt Concrete) adalah desain struktur yang dapat digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari desain perkerasan tersebut menunjukkan data CBR dengan variasi campuran serabut kelapa sebesar 0,75 persen dan abu sabut kelapa - abu kayu sebesar 2 persen dari berat total, didapatkan nilai CBR sebesar 4,537% (terkecil) memiliki desain paling tebal karena memerlukan penyesuaian atau perbaikan lapisan pondasi. Pada data CBR dengan variasi campuran serabut kelapa sebesar 0,75 persen dan abu sabut kelapa - abu kayu sebesar 8 persen dari berat total, didapatkan nilai CBR sebesar 13,437% (terbesar), memiliki desain yang lebih tipis. Ketebalan perkerasan mulai berubah secara signifikan pada CBR dengan variasi campuran serabut kelapa sebesar 0,75 persen dan abu sabut kelapa - abu kayu sebesar 4 persen dari berat total, yaitu pada CBR 5,113%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CBR, Flexible pavement design, MDP 2017
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 09 Nov 2023 06:53
Last Modified: 09 Nov 2023 06:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42672

Actions (login required)

View Item
View Item