PEMBUATAN MODEL KONSTRUKSI PERLINTASAN JALAN KA DENGAN MODIFIKASI BETON - SERBUK KARET BAN BEKAS

FADHILA ANGGITANINGTYAS ARDHYA (2023) PEMBUATAN MODEL KONSTRUKSI PERLINTASAN JALAN KA DENGAN MODIFIKASI BETON - SERBUK KARET BAN BEKAS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penumpukan sampah merupakan permasalahan yang banyak terjadi di Indonesia. Salah satu penyumbang limbah terbesar adalah ban bekas karena ban bekas memiliki volume yang besar sehingga dapat memenuhi ruang dibandingkan dengan sampah yang lainnya seperti plastik. Hal tersebut dapat diambil alternatif untuk mengatasi penumpukan sampah yang terjadi dengan memanfaatkan perencanaan konstruksi pada perlintasan KA dengan menggunakan modifikasi beton tambahan karet ban bekas yang diolah menjadi serbuk. Perlintasan KA yang berupa rigid pavement akan memberikan umur rencana yang lebih lama dibandingkan dengan penggunaan aspal. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan benda uji silinder 30 cm x 15 cm untuk menentukan variasi serbuk karet ban bekas optimal diantara variasi 0persen; 0,7persen; 0,75persen; 0,8persen dengan mutu rencana beton K250 dan diuji tekan dengan mesin UTM untuk mengetahui nilai kuat tekan dari tiap variasi benda uji. Setelah diketahui variasi optimal menggunakan benda uji berbentuk pelat dengan dimensi 30 cm x 30 cm x 16 cm yang digunakan sebagai permodelan perkerasan jalan pada perlintasan KA dan diuji menggunakan SASW kemudian diuji lentur. Berdasarkan dari pengujian diperoleh bahwa variasi optimal serbuk karet ban bekas adalah 0,8persen dengan kuat tekan sebesar 27,52 MPa dan benda uji berbentuk pelat diperoleh nilai modulus elastisitas pengujian SASW pada variasi ekstrim 3,2persen serbuk karet ban bekas dengan wiremesh sebesar 6873,103 MPa kemudian nilai uji lentur sebesar 3,901 MPa pada variasi ekstrim 3,2persen serbuk karet ban bekas dengan wiremesh.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Used Tire Rubber Powder, Compressive Strength, Railway Crossing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 09 Nov 2023 05:44
Last Modified: 09 Nov 2023 05:44
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42686

Actions (login required)

View Item
View Item