LIONI MUTIARA SRINDI (2023) IDENTIFIKASI ANOMALI PADA KONSTRUKSI PERKERASAN KAKU BERBASIS PENGUJIAN SEISMIK (MUTU BETON FC 30 MPA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (697kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (226kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
Bab I.pdf
Download (216kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (171kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Salah satu infrastruktur darat yang mendapat atensi penting dari pemerintah pada program pembangunan Indonesia adalah jalan. Terdapat dua jenis struktur pekerasan jalan salah satunya perkerasan kaku (rigid pavement). Terkait pelaksanaan pekerjaan perkerasan kaku terkadang dijumpai anomali. Salah satu metode yang dapat diaplikasikan guna mengidentifikasi anomali tersebut yakni metode spectral analysis of surface wave (SASW) yang merupakan bagian dari metode non-destructive test (NDT). Penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi anomali pada struktur perkerasan jalan kaku beton admixture fc 30 MPa dengan metode SASW melalui parameter modulus elastisitas. Metode penelitian menggunakan pengujian lapangan dengan sampel beton berukuran 1 m × 1 m × 0,5 m. Penelitian ini menggunakan lima jenis benda uji meliputi beton yang dicetak miring, beton bertulang, beton dengan anomali batu bata, beton yang memiliki rongga dan beton dengan anomali kayu, Pengujian modulus elastisitas dilaksanakan pada umur beton 84 hari yang kemudian data tersebut dikonversi guna mendapat data hari ke 6, 7, 14, 21, dan 28. Hasil pengujian pada setiap benda uji menunjukan adanya peningkatan nilai modulus elastisitas setiap harinya. Faktor yang menyebabkan perbedaan nilai modulus elastisitas adalah adanya getaran ganguan dari sumber lain, faktor energi dan kecepatan yang dihasilkan oleh sumber gelombang tidak konsisten, faktor berat dan bahan sumber gelombang yang digunakan, faktor jenis material yang digunakan pada perkerasan, dan faktor pemilihan bentuk serta frekuensi gelombang dalam proses analisis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rigid pavement, non-destructive test, anomaly, spectral analysis of surface wave, modulus of elasticity |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 07:17 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 07:17 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42712 |