PEMBUATAN MODEL KONSTRUKSI PERLINTASAN JALAN KA DENGAN MODIFIKASI BETON - SERUT KARET BAN BEKAS

LUTFY NOURMANIA (2023) PEMBUATAN MODEL KONSTRUKSI PERLINTASAN JALAN KA DENGAN MODIFIKASI BETON - SERUT KARET BAN BEKAS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (618kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Meningkatnya jumlah limbah merupakan suatu permasalahan besar yang dihadapi masyarakat Indonesia, salah satu limbahnya yaitu karet ban bekas. Teknologi konstruksi ramah lingkungan menjadi salah satu solusi untuk mengurangi jumlah limbah karet ban bekas. Kerusakan pada perlintasan kereta api sering dijumpai, dikarenakan perlintasan jalan kereta api merupakan titik pertemuan dua moda yaitu kendaraan bermotor dan kereta api. Sehingga perlu adanya pengaplikasian perkerasan yang kuat pada perlintasan jalan kereta api. Penerapan green construction merupakan salah satu solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variasi beton dengan penambahan karet ban bekas pada konstruksi perlintasan jalan kereta api. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji eksperimen dengan pembuatan benda uji berupa silinder dan pelat menggunakan bahan material yang dimodifikasi pencampuran bahan tambah karet ban bekas. Hasil pengujian kuat tekan variasi campuran paling optimal akan dilakukan pembuatan benda uji pelat. Benda uji pelat selanjutnya dilakukan pengujian SASW dan pengujian kuat lentur beton. Berdasarkan hasil pengujian dapat diketahui bahwa benda uji silinder dengan variasi penambahan serut karet ban bekas 0,75persen mendapatkan nilai kuat tekan 31,352 MPa, dan modulus elastisitas 26316,825. Benda uji pelat pada variasi serut karet ban bekas 0,75persen dengan penambahan wiremesh M8 mendapatkan modulus elastisitas 3423,696 dan nilai kuat lentur 5,366 MPa. Hasil beton modifikasi serut karet ban bekas sesuai standar spesifikasi, sehingga dapat digunakan dalam permodelan perlintasan jalan KA

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: railway crossing, rigid pavement, used tire rubber concrete
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:17
Last Modified: 08 Nov 2023 07:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42715

Actions (login required)

View Item
View Item