LUTFY NOURMANIA (2023) PEMBUATAN MODEL KONSTRUKSI PERLINTASAN JALAN KA DENGAN MODIFIKASI BETON - SERUT KARET BAN BEKAS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (618kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (252kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Bab I.pdf
Download (131kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (303kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (278kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (82kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (408kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Meningkatnya jumlah limbah merupakan suatu permasalahan besar yang dihadapi masyarakat Indonesia, salah satu limbahnya yaitu karet ban bekas. Teknologi konstruksi ramah lingkungan menjadi salah satu solusi untuk mengurangi jumlah limbah karet ban bekas. Kerusakan pada perlintasan kereta api sering dijumpai, dikarenakan perlintasan jalan kereta api merupakan titik pertemuan dua moda yaitu kendaraan bermotor dan kereta api. Sehingga perlu adanya pengaplikasian perkerasan yang kuat pada perlintasan jalan kereta api. Penerapan green construction merupakan salah satu solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variasi beton dengan penambahan karet ban bekas pada konstruksi perlintasan jalan kereta api. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji eksperimen dengan pembuatan benda uji berupa silinder dan pelat menggunakan bahan material yang dimodifikasi pencampuran bahan tambah karet ban bekas. Hasil pengujian kuat tekan variasi campuran paling optimal akan dilakukan pembuatan benda uji pelat. Benda uji pelat selanjutnya dilakukan pengujian SASW dan pengujian kuat lentur beton. Berdasarkan hasil pengujian dapat diketahui bahwa benda uji silinder dengan variasi penambahan serut karet ban bekas 0,75persen mendapatkan nilai kuat tekan 31,352 MPa, dan modulus elastisitas 26316,825. Benda uji pelat pada variasi serut karet ban bekas 0,75persen dengan penambahan wiremesh M8 mendapatkan modulus elastisitas 3423,696 dan nilai kuat lentur 5,366 MPa. Hasil beton modifikasi serut karet ban bekas sesuai standar spesifikasi, sehingga dapat digunakan dalam permodelan perlintasan jalan KA
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | railway crossing, rigid pavement, used tire rubber concrete |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 07:17 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 07:17 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42715 |