NIRAN PRASOPNUT (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA PASCA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH PHATTANASART WITTAYA TARANG PHETCHABURI THAILAND. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (59kB)
Bab I.pdf
Download (145kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (279kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (79kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (691kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (33kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (27kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (226kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Situasi COVID-19 berdampak pada sekolah karena merupakan tempat yang sangat beresiko tinggi menyebarkan virus COVID-19. Karena sekolah terdiri dari banyak orang, baik siswa, guru atau wali, serta orang tua yang perlu melakukan aktivitas bersama. Termasuk sektor pendidikan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa pasca merebaknya COVID-19 di Sekolah Phattanasart Wittaya Tarang, Phetchaburi, Thailand. Pasca pandemi COVID-19 untuk menciptakan siswa yang berkarakter baik. Penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif-deskripstif dengan jenis lapangan (field reseach). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Phattanasart Wittaya Tarang Phetchaburi Thailand. Subjek yang dipilihan oleh peneliti adalah perwakilan siswa terdiri dari kelas SMA I-III di sekolah dan guru mata pelajaran pendidikan agama Islam 3 orang dengan alasan guru tersebut yang berkaitan langsung dan yang paling dekat dengan siswa. Data diperoleh melalui teknik mengumpulan data dengan digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan tahap-tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dengan verifikasi. Hasil penelitian di Sekolah Phatthanasart Wittaya Tarang, Phetchaburi menunjukkan bahwa peran guru pai dalam meningkatkan kedisiplinan siswa berjalan dengan baik. Peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa memegang peranan penting dalam pengembangan peserta didik sesuai dengan tugas sekolahnya yang dengan pendidikan kontak langsung dengan peserta didik dan orang tua peran, tugas dan tanggung jawab guru. Oleh karena itu, peran guru merupakan faktor penting yang akan menyebabkan perubahan pada diri siswa, sehingga mengurangi ketidakdisiplinan dan membawa perubahan ke arah yang diinginkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | COVID-19, Post-Pandemic, Role of teachers, Discipline |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 06:27 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 06:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42749 |