Vina Dwi Lestari (2021) PENGARUH HEALTH EDUCATION DENGAN METODE GAME BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU PENCEGAHAN MEROKOK ANAK USIA SEKOLAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (669kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (413kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11kB)
Bab I.pdf
Download (258kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (338kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (457kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (531kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (259kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (460kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang : Rokok masih merupakan penyebab paling sering terjadinya kematian di seluruh dunia. Perilaku merokok saat ini banyak dilakukan oleh generasi muda dan meluas ke usia anak-anak. Pencegahan inisiasi merokok pada anak penting untuk diimplementasikan dengan menggunakan media yang menarik untuk anak-anak. Tujuan Penelitian : Merancang media edukasi kesehatan metode Game Based Learning dan menganalisis pengaruh edukasi kesehatan terhadap peningkatan perilaku pencegahan merokok anak usia sekolah Metode Penelitian : Penelitian ini terdiri dari 2 tahapan yaitu perancangan Game Based Learning dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan penelitian quasi eksperimental dengan kelompok kontrol dan intervensi. Penentuan tempat penelitian menggunakan proportionate stratified random sampling dan pengambilan sampel dengen simple random sampling. Penelitian dilakukan di 3 SDN di Kota Yogyakarta dengan sampel anak usia 10-12 tahun. Pengujian game menggunakan responden sebanyak 54 anak, kelompok kontrol sebanyak 44 anak dan kelompok intervensi 44 anak. Intervensi game dilakukan selama 1 bulan. Analisis menggunakan Uji Wilcoxon dan Mann-Whitney test dengan bantuan SPSS. Hasil Penelitian : Mayoritas responden dalam pengujian aplikasi game menyatakan bahwa fungsi game sudah sesuai dengan tujuan yaitu meningkatkan pengetahuan tentang rokok dan pencegahannya. Responden menilai game mudah untuk digunakan, dipelajari, dan menimbulkan perasaan menyenangkan saat memainkan game. Seluruh responden juga menyatakan berminat untuk menyebarluaskan game kepada teman-temannya yang lain. Setelah intervensi selama 1 bulan terjadi peningkatan pengetahuan anak dengan p-value 0,001, sikap dengan p-value 0,022 dan perilaku dengan p-value 0,019. Kesimpulan : Pendidikan kesehatan dengan menggunakan metode Game Based Learning dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku anak usia sekolah.
Kata Kunci : Game based learning, pencegahan rokok, anak usia sekolah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 03:35 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 03:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4276 |