STRATEGI PEMERINTAH KABUPATEN BANTUL DALAM PEMBERDAYAAN UMKM DIMASA PANDEMI TAHUN 2020-2021

MELLIANDA NUGRAHA (2023) STRATEGI PEMERINTAH KABUPATEN BANTUL DALAM PEMBERDAYAAN UMKM DIMASA PANDEMI TAHUN 2020-2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (740kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengambil judul � Strategi Pemerintah Kabupaten Bantul Dalam Pemberdayaan UMKM Di Masa Pandemi Tahun 2020-2021�. Memberikan wawasan yang berharga tentang upaya pemberdayaan UMKM selama masa pandemi oleh pemerintah Kabupaten Bantul, dengan menggambarkan strategi yang digunakan, program-program yang dilaksanakan, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi pelaksanaannya. Maka penelitian ini guna mengetahui strategi yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Bantul dalam pemberdayaan umkm pada pandemic covid 19 di tahun 2020-2021 Dari permasalahan tersebut penulis membatasi pembahasan dengan rumusan masalah yaitu : Bagaimana Strategi pemerintah kabupaten Bantul dalam pemberdayaan UMKM di masa pandemic covid-19Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, bertujuan untuk menjabarkan hasil penelitian dalam bentuk kata dan paragraf penulisan sesui dengan yang diamati di lapangan dan berbagai sumber data. Data dan jenis data dalam penelitian ini ada dua, yakni data primer dengan teknik pengumpulan data yakni dari wawancara, dan observasi, sedangkan data sekunder yakni mempelajari dokumen, media online dan naskah yang ada di Pemerintah Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul. Kemudian setelah semua data-data terkumpul selanjutnya dijabarkan dengan teknik analisis data interaktif, berikut tahapan tersebut : Reduksi, Penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan.Hasil Penelitian mengungkapkan tiga strategi utama yang digunakan oleh pemerintah Kabupaten Bantul dalam upaya pemberdayaan UMKM selama masa pandemi COVID-19 pada tahun 2020-2021. Strategi-strategi ini meliputi peningkatan kemampuan keuangan, pengembangan pasar dan media pemasaran, serta pengembangan sumber daya manusia. Lebih lanjut, penelitian ini mengidentifikasi sejumlah program konkret yang dijalankan oleh pemerintah dalam mendukung strategi ini, termasuk program permodalan melalui KUR bank, Bantuan Produktif Usaha Micro (BPUM), Perjanjian Kerja DKUKMP Se-DIY, Program Perisai, Program Senang dengan produk lokal Bantul (Sedengkul), serta program pameran produk UMKM seperti Bantul Expo. Selain itu, pemerintah Kabupaten Bantul juga memanfaatkan platform e-commerce bernama Bantul Online Shop untuk mendukung pemberdayaan UMKM selama pandemi.Berdasarkan hasil penelitian, pada poin-poin, bahwa strategi pemerintah kabupaten Bantul dalam pemberdayaan umkm kategori baik, walau belum signifikan secara luas akibat pandemic. Sehingga masih ada beberapa yang diperbaiki diantaranya masih banyak umkm yang bingung dengan memasarkan online. Saran dari penulis melakukan inovasi dan kreasi terhadap produk usaha, dengan melakukan inovasi diharapkan pelaku usaha dapat melaksanakan kegiatan pemasaran melalui media online maupun offline.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategy, Empowerment Umkm
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:59
Last Modified: 06 Nov 2023 06:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42760

Actions (login required)

View Item
View Item