NUR FAHMI AZIZAH (2023) MOTIVASI BELAJAR AL QURAN USIA DEWASA AKHIR (STUDI KASUS LEMBAGA PENDIDIKAN AL QURAN MASJID SYUHADA KOTABARU, KEC.GONDOKUSUMAN, KOTA YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (465kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB)
Bab I.pdf
Download (271kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (407kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (237kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (246kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (141kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (191kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (302kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini berawal dari, pembelajaran al quran di masa ini sangat jarang sekali diikuti oleh peserta golongan usia dewasa. Hal ini disebabkan adanya tingkat motivasi belajar yang rendah setelah banyaknya rutinitas yang telah dilakukan. Namun lain halnya di Lembaga Pendidikan Al Quran Masjid Syuhada, pembelajarannya banyak diikuti oleh peserta dari golongan usia dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh motivasi pada pembelajaran al quran di Lembaga Pendidikan Al Quran Masjid Syuhada terhadap peserta yang mengikuti pembelajaran al quran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif,deskriptif studi kasus dengan mengambil latar belakang Lembaga Pendidikan Al Quran Masjid Syuhada. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data dengan membandingkan data hasil wawancara dengan observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran al quran di lembaga pendidikan al quran Masjid Syuhada, belum memiliki metode yang tetap. Seperti yang diketahui, untuk kelas pemula mengunakan metode tilawati sedangkan kelas lanjutannya mengunakan metode asy-syafii. Meskipun metode pembelajaran bervariasi, peserta yang mengikuti pembelajaran al quran di Masjid Syuhada memiliki tingkat motivasi yang tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Al Quran Education Institute of Syuhada Mosque, learning, motivation |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 06:59 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 06:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42764 |