ISLAMIC RESILIENCE PADA KEGIATAN DIGITAL DALAM MEMBANGUN SPIRITUALISME SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA

WAHYU THALIA SALSABILLAH (2023) ISLAMIC RESILIENCE PADA KEGIATAN DIGITAL DALAM MEMBANGUN SPIRITUALISME SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Islamic resilience dalam kegiatan digital merupakan suatu kemampuanĀ  dalam ketahanan dan ketangguhan yang melekat pada spiritual seseorang untuk mampu mengatasi tantangan kehidupan serta pengaruh media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama adalah mengetahui kegiatan digital siswa di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Kedua, mengetahui Islamic resilience digital pada Siswa di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Ketiga mengetahui peran Guru dalam membangun spiritualitas siswa guna terbentuknya sikap islamic resilience dalam berkegiatan digital. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam memperoleh data penulis menggunakan motede observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu hasil wawancara dengan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama adalah dalam berkegiatan digital, siswa SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta menggunakan teknologi digital sesuai dengan kebutuhan dirinya sendiri yang mana mampu menunjang siswa dalam kegiatan pembelajaran ataupun menambah khazanah keilmuan siswa. Kedua, siswa melakukan ibadah seperti berdoa kepada Allah SWT agar dijauhkan dari hal-hal negatif dalam berkegiatan digital, karena menurut siswa dampak negatif dari digital merupakan sebuah penyakit yang mampu merusak otak manusia. Ketiga, guru sebagai pendidik memiliki peran untuk memberi tahu kepada siswa terkait plus minus dalam berkegiatan gadget serta guru memanfaatkan kegiatan keagamaan yang ada disekolah SMA Muhammadiyah 5 yogyakarta seperti sholat berjamaah, tadarus dan pengajian yang memiliki tujuan untuk menguatkan keimanan dan ketakwaan siswa kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PAI (Islamic Studies) Teacher, Moral Education, Digital Resilience
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 06 Nov 2023 04:27
Last Modified: 06 Nov 2023 04:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42788

Actions (login required)

View Item
View Item