WAHYU THALIA SALSABILLAH (2023) ISLAMIC RESILIENCE PADA KEGIATAN DIGITAL DALAM MEMBANGUN SPIRITUALISME SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (363kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (180kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB)
Bab I.pdf
Download (237kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (224kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (65kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (57kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (218kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (220kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Islamic resilience dalam kegiatan digital merupakan suatu kemampuanĀ dalam ketahanan dan ketangguhan yang melekat pada spiritual seseorang untuk mampu mengatasi tantangan kehidupan serta pengaruh media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama adalah mengetahui kegiatan digital siswa di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Kedua, mengetahui Islamic resilience digital pada Siswa di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Ketiga mengetahui peran Guru dalam membangun spiritualitas siswa guna terbentuknya sikap islamic resilience dalam berkegiatan digital. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam memperoleh data penulis menggunakan motede observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu hasil wawancara dengan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama adalah dalam berkegiatan digital, siswa SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta menggunakan teknologi digital sesuai dengan kebutuhan dirinya sendiri yang mana mampu menunjang siswa dalam kegiatan pembelajaran ataupun menambah khazanah keilmuan siswa. Kedua, siswa melakukan ibadah seperti berdoa kepada Allah SWT agar dijauhkan dari hal-hal negatif dalam berkegiatan digital, karena menurut siswa dampak negatif dari digital merupakan sebuah penyakit yang mampu merusak otak manusia. Ketiga, guru sebagai pendidik memiliki peran untuk memberi tahu kepada siswa terkait plus minus dalam berkegiatan gadget serta guru memanfaatkan kegiatan keagamaan yang ada disekolah SMA Muhammadiyah 5 yogyakarta seperti sholat berjamaah, tadarus dan pengajian yang memiliki tujuan untuk menguatkan keimanan dan ketakwaan siswa kepada Allah SWT.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PAI (Islamic Studies) Teacher, Moral Education, Digital Resilience |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 04:27 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 04:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42788 |