INTAN SRI MAHARJANI (2023) IMPACT POSITIF PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM PENINGKATAN MUTU PADA TIGA LEVEL PENDIDIKAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (589kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
Bab I.pdf
Download (420kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (549kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (615kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (651kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (316kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (652kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (937kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Impact Positif penerapan Kampus Mengajar (KM) pada SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi di Indonesia. Penelitian ini juga membahas tentang pengaruh Kampus Mengajar (KM) terhadap mutu pendidikan di Indonesia.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi literatur melalui penghimpunan data, jurnal nasional dan Internasional terbitan 2018 � 2023 yang kemudian dianalisa menggunakan Prisma Flow.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kampus Mengajar (KM) sangat bermanfaat bagi siswa, mahasiswa, guru, dan instansi sekolah serta universitas yang mendukung berjalannya program ini. Di sisi lain kebijakan MBKM serta program yang ada di dalamnya juga sangat mempengaruhi perkembangan mutu pendidikan di Indonesia. Impact positif yang terjadi beberapa diantaranya; 1) Meningkatkan literasi bahasa dan pemahaman terkait numerasi, 2) Merubah arah pandang menjadi lebih modern, 3) Menjadi wadah untuk bereksplorasi, 4) Meningkatkan softskill dan hardskill, dan 5) Menjadikan mahasiswa lebih adaptif dan kreatif. Saran dari penelitian ini yaitu pemerintah dapat meningkatkan serta mengembangkan kebijakan merdeka belajar kampus merdeka dan program-program yang telah disusun agar lebih menyeluruh ke seluruh sekolah dan kampus di Indonesia agar tidak ada ketimpangan antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Independent Learning Independent Campus, Teaching Campus, Quality of Indonesian Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 06:53 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 06:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42796 |