GINA ZIZI MANANTO (2023) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTS NEGERI 4 BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (349kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (442kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
Bab I.pdf
Download (170kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (382kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (157kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (662kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (173kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (616kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (450kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Persoalan yang terjadi pada peserta didik di era modernisasi tampaknya semakin kompleks. Kondisi ini dilihat dari berbagai fenomena yang terjadi pada kehidupan sosial masyarakat. Sehingga untuk mencegah hal tersebut dibutuhkannya pembentukan karakter religius siswa di dalam lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran karakter religius siswa, untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling dalam membentuk karakter religius siswa, serta untuk mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi karakter religius siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Gambaran karakter religius siswa di MTs Negeri 4 Bantul mayoritas berkarakter religius yang meliputi kejujuran, keadilan, bermanfaat bagi orang lain, rendah hati, bekerja efisien, visi ke depan, disiplin tinggi, dan keseimbangan; 2) Peran guru bimbingan dan konseling dalam membentuk karakter religius siswa adalah dengan mengembangkan pemahaman siswa mengenai diri mereka, pembiasaan positif, dan melakukan konseling; 3) Adapun faktor yang mempengaruhi karakter religius siswa adalah kebutuhan siswa dalam beragama, dorongan dalam diri siswa, perilaku kebiasaan siswa sehari-hari, latar belakang dan pola asuh orang tua, lingkungan sekolah di MTs Negeri 4 Bantul, pertemanan siswa, dan media sosial yang digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Role of Guidance and Counseling Teachers, Religious Character, Students |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 06:53 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 06:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42802 |