STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA

RIZKY ANANDA (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak yang ada di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta (2) Untuk menganalisis apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat Guru akidah akhlak  dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Dalam penelitian ini peneliti melakukan pendekatan secara kualitatif, dengan subjek Kepala Sekolah dan Guru Akidah Akhlak, menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak sudah dilaksanakan dengan membimbing, memfasilitasi, memotivasi, dan mengevaluasi. (2) faktor pendukungnya adalah sekolah yang beridentitas muhammadiyah, visi misi sekolah, kegiatan yang mendukung, peran dari guru dan orang tua sebagai teladan. Faktor penghambat adalah komunitas siswa yang negatif, minimnya sumber daya manusia (SDM), guru,  dan siswa, serta keadaan siswa yang heterogen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teacher Strategy, Learning Motivation, Belief
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 09 Nov 2023 03:15
Last Modified: 09 Nov 2023 03:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42817

Actions (login required)

View Item
View Item