RIZTA RAHMATIN FEBRIAN (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA PASCA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (652kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (561kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (92kB)
Bab I.pdf
Download (225kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (224kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (84kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (405kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (853kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam meningkatkan karakter disiplin siswa pasca pandemi covid-19 di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan triangulasi sumber data. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, waka kesiswaan, guru bimbingan konseling (BK), guru wali kelas X dan XI dan siswa 2 orang. Pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) ada empat peranan guru di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta yaitu a) guru sebagai pembimbing, b) guru sebagai pendidik, c) guru sebagai motivator, dan d) guru sebagai suri tauladan. Dengan adanya peran guru dapat memberikan informasi tata tertib dan menasehati pelaku dengan ini kedisiplinan siswa menjadi meningkat. Peningkatan kedisiplinan ini terbentuk karena kebiasaan melaksanakan tata tertib yang diberikan oleh guru baik tertulis maupun secara lisan. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan karakter disiplin siswa pasca pandemi covid-19 di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta diantaranya, faktor pendukung : a) peran keluarga, karena peran peran keluarga ini memiliki peranan yang cukup penting dalam penerapan kedisiplinan Ketika anak berada dilingkungan rumah. b) peran pendidik, karena dalam hal ini seorang pendidik juga penting dalam menerapkan kedisiplinan ketika anak berada di dalam lingkungan sekolah. c) peran dalam diri sendiri yang memiliki kesadaran dan motivasi. Sedangkan faktor penghambat : a) peran keluarga, karena dalam pembentukan karakter ini keluarga sangat memiliki peran yang besar dan anak juga merupakan prioritas paling utama. b) peran teman sebaya, dan c) peran lingkungan, karena dalam dua hal ini sangat berpengaruh juga dalam pembentukan karakter disiplin.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Role, Teacher, Character, Discipline, Students |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 03:11 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 03:11 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42819 |