PENERAPAN METODE UMMI DALAM PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) INSAN UTAMA TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL

ZULAIKHA (2018) PENERAPAN METODE UMMI DALAM PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) INSAN UTAMA TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRACT.pdf

Download (797kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB.1.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB.II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB.III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB.IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB.V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui konsep metode ummi dalam pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an. (2) Bagaimana penerapan metode ummi dalam pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Utama Tamantirto, Kasihan, Bantul dan (3) Mengetahui apa saja yang menjadi kendala guru dalam penerapan metode ummi dalam pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Utama Tamantirto, Kasihan, Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode ummi dalam tahfidz Al Qur’an. Dengan kata lain penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan yang ada. Penelitian kali ini meneliti siswa di SDIT Insan Utama Tamantirto Kaishan Bantul. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka hasilnya menunjukkan bahwa (1) konsep dari metode ummi adalah lebih fokus pada tahsin Al Qur’an dan juga berfokus pada jilid ummi saja, akan tetapi tahfidz Al Qur’an disini adalah sebagai pengembangan konsep metode ummi yaitu tahsin Al Qur’an. (2) Dalam penerapannya, metode ummi dapat diterapkan pada program tahfidz Al Qur’an, karena bagaimanapun tahsin Al Qur’an adalah tetap menggunakan Al Qur’an dan tahfidz Al Qur’an inilah yang menjadi salah satu alternatif dari sekolah untuk mengajarkan tahsin Al Qur’an terhadap siswa. (3) Kendala yang dihadapi oleh SDIT Insan Utama adalah kurangnya dukungan orang tua, kurang tersedianya ustadzah tahfidz/tim ummi, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Jadi untuk kegiatan pembelajaran menjadi kurang efektif dan maksimal dalam penyampaiannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ummi Method, Tahfidz Al-Qur’an Metode Ummi, Tahfidz Al-Qur’an
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email pkluin@gmail.com
Date Deposited: 17 Nov 2023 03:17
Last Modified: 17 Nov 2023 03:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42836

Actions (login required)

View Item
View Item