HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PELAKSANAAN DIET HIPERTENSI PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH PUSKESMAS BANTUL I YOGYAKARTA

YULIANI SANIATUL QUDSIYAH (2018) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PELAKSANAAN DIET HIPERTENSI PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH PUSKESMAS BANTUL I YOGYAKARTA. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (13MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB. V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskuler yang
cukup banyak mengganggu kesehatan masyarakat di dunia. Hipertensi merupakan peningkatan pada tekanan darah sistolik ≥140 mmHg dan tekanan diastolik ≥90 mmHg (World Health Organization [WHO], 2013). Penyakit ini dikatakan "The silent disease" karena orang tidak mengetahui dirinya terkena hipertensi sebelum memeriksa tekanan darahnya (WHO, 2013).
Tujuan Mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan dukungan keluarga dengan penatalaksanaan diet hipertensi pada penderita hipertensii di Wilayah Puskesmas Bantul 1 Yogyakarta.
Metode Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian correlation research dengan rancangan penelitian cross sectional dan prosfektif dan sampel pada penelitian ini adalah berjumlah 60 orang dengan teknik purposive sampling. Analisa menggunakan deskriptif dalam bentuk frekuensi dan presentase.
Hasil Penelitian Hubungan tingkat pengetahuan dengan penatalaksanaan diet
hipertensi pada pasien hipertensi di Wilayah Puskesmas Bantul I Yogyakarta dalam kategori kurang baik (32,0%). Nilai signifikansi hubungan tingkat pengetahuan dengan penatalaksanaan diet hipertensi sebesar 0,425 (> 0.05) dan nilai keeratan korelasi 0,333. Dan hubungan dukungan keluarga dengan penatalaksanaan diet hipertensi pada pasien hipertensi di Wilayah Puskesmas Bantul 1 Yogyakarta dalam kategori kurang baik (58,1%). Nilai signifikansi hubungan dukunga keluarga dengan penatalaksanaan diet hipertensi sebesar 0,017 (<0,05) dan nilai keeratan korelasi 0,689.
Kesimpulan : tidak terdapat hubungan tingkat pengetahuan dengan penatalaksanaan diet hipertensi dan terdapat hubungan dukungan keluarga dengan penatalaksanaan diet hipertensi pada pasien hipertensi di wilayah Puskesmas Bantul I Yogyakarta dan tingkat keeratannya adalah sangat lemah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penatalaksnaan diet hipertensi, dukungan keluarga, tingkat pengetahuan.
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email pkluin@gmail.com
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:28
Last Modified: 17 Nov 2023 07:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42841

Actions (login required)

View Item
View Item