PEMODELAN LALU LINTAS MENGGUNAKAN PKJI 2014 DAN SOFTWARE VISSIM 9 PADA SIMPANG APILL KETANDAN, RING ROAD TIMUR, BANTUL, YOGYAKARTA

WIWIT KURNIAWAN (2017) PEMODELAN LALU LINTAS MENGGUNAKAN PKJI 2014 DAN SOFTWARE VISSIM 9 PADA SIMPANG APILL KETANDAN, RING ROAD TIMUR, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRACT.pdf

Download (797kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB.1.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB.II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB.III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB.IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB.V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Yogyakarta yang merupakan pusat budaya dan dikenal sebagai kota pelajar di Indonesia yang selalu ramai dikunjungi. Sebagai akibatnya eningkatkan jumlah populasi maka jumlah mobilitas kendaraan yang terjadi di kota Yogyakartajuga semakin meningkat. Beberapa ruas jalan mengalami kemacetan khususnya jalan untuk akses dari jalan luar kota menuju jalan perkotaan. Salah satu simpang dengan permasalahan tersebut adalah simpang APILL Ketandan, Bantul Yogyakarta. Kendaraan yang melaluii simpang tersebut bergagai macam/jeniss kendaran, dari kendaraan ringan (light vehicles) sampai dengan kendaraan berat (heavy vehicles).Kondisi ini memerlukan evaluasi dan analisis untuk dapat memaksimalkan kinerja simpang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksiting, pemodelan lalu lintas, dan memberi alternatif solusi untuk meningkatkan kinerja simpang APILL Ketandan, Bmtul Yogyakarta. Hasil yang di dapat dari analisis kinerja simpang menggunakan software VISSIM 9 untuk kondisi eksisting yaitu nilai tundaan rata- rata sebesar 470.96 detik/skr, panjang antrian rata- rata 110,72 meter, dan tingkat pelayanan simpang (level of service) adalah F (sangat buruk). Beberapa alternatif solusi untuk meningkatkan kinerja simpang adalah alternatif I (menghitung waktu siklus baru) alternatif II (perancangan pelebaran jalan),alternatif III (gabungan antara menghitung waktu siklus dan perancangan pelebaran jalan). Alternatif tebaik adalah alternatif III berdasarkan nilai tundaan rata-rata di dapat nilai 58,46 detik/skr dan panjang antrian rata-rata 80,76 meter. Nilai tundan rata-rata pada lengan Utara, Timur, Selatan, dan Barat sebesar 61,20 ; 56,71; 59,96; dan 55,72 dtk/skr dan tingkat pelayanan simpang (level of service) adalah E (buruk). Berdasarkan alternatif yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa nilai tundaan mengalami penurunan pada setiap alternatif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Simpang APILL Ketandan, Tundaan, Kinerja Simpang, PKJI 2014, VISSIM 9
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email pkluin@gmail.com
Date Deposited: 18 Nov 2023 02:06
Last Modified: 18 Nov 2023 02:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42842

Actions (login required)

View Item
View Item