MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN GURU DALAM MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI SD NEGERI KUTOWARU 02)

WIDODO (2010) MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN GURU DALAM MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI SD NEGERI KUTOWARU 02). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang "motivasi belajar siswa dan motivasi guru dalam mengajar pada sekolah dasar Yaitu SD Neg. Kutowaru 02 yang terdapat di suatu daerah yang terpencil di wilayah UPT Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap, Hal ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa sekolah dasar tersebut terletak disuatu wilayah yang masih sulit ditempuh dalam waktu singkat, karena untuk mencapai di sekolah para guru harus menempuh jarak yang jauh dan harus menyeberangi laut segara anakan,
Berdasarkan fenomena di atas, penulis ingin mengetahui dan meneliti lebih jauh lagi apakah yang membuat para guru itu tetap masih ada semangat untuk tetap mau mengajar di SD Neg. Kutowaru 02 tersebut biarpun setiap harinya untuk mencapai di sekolah harus melewati laut segara anakan. Kalau terjadi surut maka guru itu harus turun dan mendorong perahunya, karena jalan yang dilalui perahu tidak ada airnya. Belum lagi untuk mencapai sekolah masih melewati jalan becek dan licin.
Subyek penelitian ini adalah siswa dan guru, yaitu siswa dan guru di Sekolah Dasar Negeri Kutowaru 02 UPT Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Cilacap Tengah yang terdapat di wilayah grumbul Cigintung Kelurahan Kutowaru Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap. Penggalian data dengan melalui observasi langsung dan wawancara pada responden serta dengan memanfaatkan dokumentasi yang ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tetap giat belajar disekolah, karena guru dalam mengajar menyenangkan, selalu inovatif biarpun sarana prasarana masih kurang memadahi. Kata anak bu guru dan pak gurunya eman dan tak pernah marah-marah. Adanya dorongan dari anak untuk maju menjadikan faktor utama untuk giat belajar dan rajin bersekolah, dengan tidak menghiraukan latar belakang kehidupan keluarga. Guru setelah melihat kenyataan disekolah dengan kondisi anak-anaknya yang masih memprihatinkan tetapi anak rajin dan semangat untuk datang ke sekolah, yang ada dalam tekad para guru adalah bisakah saya merubah kondisi yang demikian itu? Anak mudah diatur dan dibimbinguntuk maju. Itulah yang menjadikan tetap semangat para guru untuk tetap mengajar di sekolah tersebut. Memang guru tidak munafik bahwa gaji juga menjadi motivasi untuk tetap mengajar biarpun di daerah terpencil.
Hal yang dapat disimpulkan dari hasil analisis di atas adalah yang memotivasi siswa giat belajar adalah keinginan untuk menjadi anak yang pintar dan melihat gari segi keprofesionalan guru yang ada. Sedangkan yang memotivasi guru dalam mengajar di SDN Kutowaru 02 adalah adanya semangat anak biarpun kondisinya masih memprihatinkan dan ingin merobahnya disamping ada ketaatan untuk melaksanakan tugas dari pemerintah.

Item Type: Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Unnamed user with email pkluin@gmail.com
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:26
Last Modified: 14 May 2024 06:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42852

Actions (login required)

View Item
View Item