HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

NADHIRIN (2010) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
PE4NDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (775kB)
[thumbnail of Bab I A] Text (Bab I A)
BAB. I A.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of Bab I B] Text (Bab I B)
BAB. I B.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Lampiran A] Text (Lampiran A)
LAMPIRAN A.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[thumbnail of Lampiran B] Text (Lampiran B)
LAMPIRAN B.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of Lampiran C] Text (Lampiran C)
LAMPIRAN C.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of Lampiran D] Text (Lampiran D)
LAMPIRAN D.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of Lampiran E] Text (Lampiran E)
LAMPIRAN E.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan. emosional dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional, sedangkan prestasi belajar sebagai variable terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang seluruhnya berjumlah 228 orang. Sampel penelitian adalah 100 siswa, menggunakan metode proportional random sampling untuk mnentukan sampel penelitian. Instrumennya adalah skala kecerdasan emosional dengan menggunakan model skala likert yang terdiri dari 4 alternatif pilihan jawaban berdasarkan teori Daniel Goleman yang terdiri dari mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan dengan orang lain; untuk mengukur prestasi belajar siswa digunakan metode pemeriksaan dokumen dengan melihat nilai rapor semester II.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,450 dengan p 0,000 dan r, pada taraf signifikan 1% sebesar 0,228. Maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email pkluin@gmail.com
Date Deposited: 21 Nov 2023 06:55
Last Modified: 21 Nov 2023 06:55
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42896

Actions (login required)

View Item
View Item