HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MENGENAI PROGRAM KAMPUS UMY BERSIH DAN BEBAS ASAP ROKOK DENGAN SIKAP DAN TINDAKAN MEROKOK MAHASISWA DI DALAM DAN DI LUAR AREA KAMPUS

AMELIA NUR RACHMALINA (2017) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MENGENAI PROGRAM KAMPUS UMY BERSIH DAN BEBAS ASAP ROKOK DENGAN SIKAP DAN TINDAKAN MEROKOK MAHASISWA DI DALAM DAN DI LUAR AREA KAMPUS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
PENDAHULUAN-3 (2).pdf

Download (358kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB.II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB.III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB.IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB.V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang: Angka perokok di dunia terbilang banyak. Menurut WHO pada tahun 2011 perokok laki-laki hampir mencapai 1 miliar orang dengan 35% berada di negara maju dan 50% berada di negara berkembang dengan angka perokok perempuan sebanyak 250 juta orang di dunia. Di lndonesia menurut GATS pada tahun 2011 prevalensi perokok mencapai 34,8% atau 59,9 juta jiwa dan menurut RISKESDAS usia perokok yang terbanyak adalah pada usia sekolah. Salah satu cara menekan angka perokok aktif adalah dengan membuat aturan mengenai kawasan bersih dan bebas asap rokok (KBBR).
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan mengcnai SK Implementasi Program KBBR dengan sikap dan perilaku merokok mahasiswa di dalam dan di luar area kampus.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik sampling proportionate stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa UMY angkatan 2013-2016 yang masih aktif dalam kegiatan belajar mengajar yang dapat dibuktikan dengan masih terdaftamya di masing-masing fakultas.
Hasil dan pembahasan: Terdapat hubungan antara tingka pengetahuan mengenai SK Implementasi Program KBBR dengan sikap dan perilkau merokok mahasiswa di dalam dan di luar area kampus dikarenakan hasil uji Spearman Rank menunjukan hasil sig. <0,05.
Kesimpulan: Peningkatan sosialisasi mengenai SK Implementasi Program KBBR kepada seluruh masyarakat kampus khususnya mahasiswa dapat meningkatkan tingkat pengetahuan dan memperbaiki sikap dan perilaku merokok di dalam dan di luar area kampus.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: smoke-free area, attitude toward cigarette, smoking behavior
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:18
Last Modified: 08 Jan 2024 05:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42900

Actions (login required)

View Item
View Item