THE TENDENCY OF PERSUASIVE MESSAGES IN INSTAGRAM CAPTIONS @TACOBELLID PERIOD MARCH - AUGUST 2023

FADLI AMMAR TSANY (2023) THE TENDENCY OF PERSUASIVE MESSAGES IN INSTAGRAM CAPTIONS @TACOBELLID PERIOD MARCH - AUGUST 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)

Abstract

Taco Bell merupakan salah satu brand makanan cepat saji yang masih sangat baru di Indonesia. Kedatangan Taco Bell di Indonesia yang sangat terlambat menjadi tantangan tersendiri untuk bersaing dengan raksasa makanan cepat saji lainnya. Tak terkecuali tantangan dalam mengelola media sosial, khususnya Instagram. Penelitian kuantitatif ini mengkaji kecenderungan pesan persuasif pada caption postingan akun Instagram @tacobellid, media promosi brand Taco Bell Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif terhadap 149 caption postingan yang diunggah @tacobellid pada bulan Maret-Agustus 2023. Pesan persuasif yang dianalisis adalah caption dengan kategori syarat pesan yang menarik. Struktur pesan persuasif meliputi keberpihakan pesan, urutan penyajian, penarikan kesimpulan, dan cara menyampaikan pesan persuasif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 149 caption selama bulan Maret - Agustus 2023, terdapat 114 caption yang mengandung pesan persuasif, dengan kategori persyaratan pesan persuasif yang paling detail memuat kepentingan pengirim dan penerima pesan, terdapat 61 caption. dengan persentase 54%, kategori keberpihakan pesan tertinggi adalah dua sisi, teks sebanyak 92 teks dengan persentase 81%, urutan kategori penyajian tertinggi adalah primer, teks sebanyak 71 teks dengan persentase 62%, kategori tertinggi kategori penarikan kesimpulan eksplisit, caption berjumlah 100 dengan persentase 88%, dan kategori cara menyampaikan pesan paling persuasif adalah daya tarik emosional. Terdapat 42 caption dengan persentase 37%. Temuan ini menunjukkan bahwa akun Instagram Taco Bell berusaha menarik kesadaran audiens dengan memberikan kecenderungan struktur pesan dua sisi yang menampilkan sisi emosional sehingga audiens dapat menerima pesan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Taco Bell, Persuasive, Caption, Instagram, Content analysis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:38
Last Modified: 23 Nov 2023 02:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42941

Actions (login required)

View Item
View Item