PELAKSANAAN FUNGSI ADVOKASI MEDIA NON LITIGASI LEMBAGA OMBUDSMAN DIY DALAM PELAYANAN PUBLIK BIDANG PENDIDIKAN DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2015-2016

ICHSAN SAPUTRA PUA MBUSA (2017) PELAKSANAAN FUNGSI ADVOKASI MEDIA NON LITIGASI LEMBAGA OMBUDSMAN DIY DALAM PELAYANAN PUBLIK BIDANG PENDIDIKAN DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2015-2016. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62MB)
[thumbnail of Sinopsis] Text (Sinopsis)
SINOPSIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86MB)

Abstract

baik dari kalangan atas hingga kalangan kurang mampu. Kehidupan manusia dan pendidikan adalah suatu kesatuan yang tidak bisa terlepas. Maka demi mencukupi kebutuhan ini, peran dunia pendidikan menjadi tolak ukur dalam pencapaian cita-cita untuk memiliki pendidikan yang sesuai.
Dalam praktek pelaksanaannya, penyedia layanan pendidikan dalam hal ini pemerintah dan lembaga pendidikan sering ditemukan adanya praktek kurang sehat yang dapat merugikan peserta didik dan masyarakat secara umum. Oleh karena itu harus ada lembaga khusus yang mainpu mengawasi agar dapat mewujudkan pelaksanaan pendidikan yang beretika dan mampu memberikan pelayanan dan fasilitas pendidikan yang cukup kepada masyarakat.
Kota Yogyakarta itu sendiri memiliki pelayanan pendidikan yang cukup banyak dan juga dijuluki sebagai "Kota Pelajar" oleh sebagian besar kalangan di Indonesia. Dari sinilah peran Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta ( LO DIY) yang memiliki tugas utama sebaga Lembaga pengawas pelayanan publik menjadi penting dalam mewujudkan pelayanan pendidikan yang sesuai.
Dalam melakukan pemecahan kasus yang diterima oleh LO DIY yang menyangkut dengan masalah pendidikan khususnya, LO DIY melakukan proses yang di namakan Mediasi Non Litigasi dimana cara ini merupakan metode sebagai mediator.
Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini ialah ; l) Etagaimana hasil dari pelaksanaan advokasi mediasi non litigasi yang dilakukan olch lembaga Ombudsman DIY terhadap aparatur pcmerintah sebagai penyclenggara pelayanan publik di bidang pendidikan di Kota Yogyakarta pada tahun 2015 - 2016? 2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan advokasi mediasi non litigasi yang dilakukan olch Lembaga Ombudsman DIY tcrhadap aparatur pemerintah scbagai penyelenggara pelayanan publik di bidang pcndidikan di Kota Yogyakarta pada tahun 2015 - 2016?
Dalam penelitian skripsi ini dapat disimpulkan bahwa LO DIY telah melakukan mcdiasi non litigasi daIam penerapan pemecahan masalah pcndidikan tahun 2015-2016 dengan cukup baik. Namun masih ada beberapa kasus yang akhimya menjadi kasus tinggalan di tahun berikutnya. Olch karcna itu LO DIY terus melakukan usaha pemecahan masalah kasus ini di tahtm berikutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 13 Dec 2023 09:23
Last Modified: 03 Jan 2024 05:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43021

Actions (login required)

View Item
View Item