ILHAMDI (2014) WAWASAN MULTIKULTURAL DALAM SUPERVISI AKADEMIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ASPEK FIQIH (STUDI KASUS DI SMP NEGERI KABUPATEN SINTANG). S2 thesis, UNSPECIFIED.
PENDAHULUAN.pdf
Download (3MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (365kB)
ABSTRAK.pdf
Download (950kB)
BAB. I.pdf
Download (21MB)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15MB)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (45MB)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (44MB)
Abstract
Penelitian ini adalah merupakan bagian dari upaya untuk memperbaiki pendidikan agama Islam (PAI), meningkatkan kompetensi guru dan pengawas. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui deskripsi dan menganalisis materi PAI aspek fiqih di SMP Negeri Kabupaten Sintang, apakah telah memuat prisnsip-prinsip multikultural. (2) Untuk mengetahui deskripsi RKA pengawas dalam materi pendidikan agama Islam aspek fiqih pada SMP Negeri Kabupaten Sintang apakah sudah berwawasan multikultural.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terbagi dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru dan Rencana Kepengawasan Akademik (RKA) pengawas. Sedangkan sumber data sekunder terdiri dari bahan ajar materi pendidikan agama Islam aspek fiqih pada SMP Negeri Kabupaten Sintang. Untuk menganalisis data penelitian digunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian bahwa isi materi pendidikan agama Islam SMP aspek fiqih untuk kelas VII, VIII, dan kelas IX semester ganjil dan genap tidak memuat prinsip-prinsip yang berwawasan multikultural. Begitu juga dalam dokumen rencana kepengawasan akademik (RKA) pengawas PAI Tahun Pelajaran 2013/2014 semseter ganjil dan genap masih difokuskan pada proses pembelajaran dan administrasi guru.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan hendaknya kurikulum dan materi PAI aspek fiqih harus terus dikembangkan dengan memuat prinsip-prinsip multikultural, dengan cara melibatkan semua unsur yang berkompeten terutama GPAI dan pengawas. Bagi pengawas PAI hendaknya mampu melakukan sebuah terobosan baru dalam mendesain rencana kepengawasan akademik (RKA) yang lebih spesifik pada aspek fiqih. Diharapkan juga kepada pihak Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia bisa membuat regulasi tentang PAI SMP berwawasan multikultural.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisory Academic Plan (RKA), PAI Aspectcs of Fiqh, and Multicultural |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 07:01 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 07:01 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43023 |