WAWASAN MULTIKULTURAL DALAM SUPERVISI AKADEMIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ASPEK FIQIH (STUDI KASUS DI SMP NEGERI KABUPATEN SINTANG)

ILHAMDI (2014) WAWASAN MULTIKULTURAL DALAM SUPERVISI AKADEMIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ASPEK FIQIH (STUDI KASUS DI SMP NEGERI KABUPATEN SINTANG). S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (950kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (21MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44MB)

Abstract

Penelitian ini adalah merupakan bagian dari upaya untuk memperbaiki pendidikan agama Islam (PAI), meningkatkan kompetensi guru dan pengawas. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui deskripsi dan menganalisis materi PAI aspek fiqih di SMP Negeri Kabupaten Sintang, apakah telah memuat prisnsip-prinsip multikultural. (2) Untuk mengetahui deskripsi RKA pengawas dalam materi pendidikan agama Islam aspek fiqih pada SMP Negeri Kabupaten Sintang apakah sudah berwawasan multikultural.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terbagi dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru dan Rencana Kepengawasan Akademik (RKA) pengawas. Sedangkan sumber data sekunder terdiri dari bahan ajar materi pendidikan agama Islam aspek fiqih pada SMP Negeri Kabupaten Sintang. Untuk menganalisis data penelitian digunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian bahwa isi materi pendidikan agama Islam SMP aspek fiqih untuk kelas VII, VIII, dan kelas IX semester ganjil dan genap tidak memuat prinsip-prinsip yang berwawasan multikultural. Begitu juga dalam dokumen rencana kepengawasan akademik (RKA) pengawas PAI Tahun Pelajaran 2013/2014 semseter ganjil dan genap masih difokuskan pada proses pembelajaran dan administrasi guru.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan hendaknya kurikulum dan materi PAI aspek fiqih harus terus dikembangkan dengan memuat prinsip-prinsip multikultural, dengan cara melibatkan semua unsur yang berkompeten terutama GPAI dan pengawas. Bagi pengawas PAI hendaknya mampu melakukan sebuah terobosan baru dalam mendesain rencana kepengawasan akademik (RKA) yang lebih spesifik pada aspek fiqih. Diharapkan juga kepada pihak Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia bisa membuat regulasi tentang PAI SMP berwawasan multikultural.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Supervisory Academic Plan (RKA), PAI Aspectcs of Fiqh, and Multicultural
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:01
Last Modified: 14 Dec 2023 07:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43023

Actions (login required)

View Item
View Item